KPU Sumbawa Serahkan Hasil Vermin Balon Anggota DPRD

Date:

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com – Sesuai tahapan pencalonan Anggota DPR, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten/Kota hari ini, Minggu (6-8-23), bertempat di Aula Kantor KPU Kabupaten Sumbawa menyerahkan Berita Acara Hasil Akhir Verifikasi Administrasi Dokumen Persyaratan Bakal Calon Anggota DPRD Kabupaten Sumbawa pada Pemilu Tahun 2024 kepada Paratai Politik dan Bawaslu.

Kegiatan tersebut dihadiri Ketua dan Anggota KPU Kabupaten Sumbawa, Sekretaris dan jajaran sekretariat, Bawaslu Kab. Sumbawa dan Perwakilan Parpol peserta Pemilu Tahun 2024

Ketua KPU Sumbawa M. Wildan menyampaikan, bahwa kegiatan hari ini merupakan amanat yang diatur dalam ketentuan Pasal 64 ayat (1) PKPU 10 Tahun 2023.

“hari ini hasil akhir verifikasi administrasi dokumen persyaratan bakal calon anggota DPRD Kabupaten/Kota kami serahkan kepada Parpol dan Bawaslu sesuai jadwal sebagimana diatur dalam Keputusan KPU Nomor 403 Tahun 2023,” kata M. Wildan.

Baca juga:  Paket DETA Pertama Serahkan Berkas Pendaftaran ke PKB

Selanjutnya disampaikan bahwa, hasil yang serahkan hari ini adalah hasil verifikasi administrasi yang telah dilaksanakan sejak proses kegiatan verifikasi admnistrasi terhadap kebenaran dokumen dan kegandaan Bakal Calon dari tanggal 15 Mei sampai dengan 23 Juni 2023. Selanjutnya verifikasi administrasi perbaikan kebenaran dokumen dan kegandaan bakal calon dari tanggal 10 Juli 2023 sampai tanggal 31 Juli 2023. Selanjutnya telah menyusun hasilnya dari tanggal 1 sampai dengan 4 agustus 2023.

“dan sesuai jadwal hari ini adalah batas terakhir harus kita sampaikan kepada Pimpinan Parpol,” tambahnya.

Dalam kesempatan tersebut, Ketua Divisi Teknis Penyelenggaraan Aryati, juga menjelaskan, hasil akhir verifikasi dokumen Bakal Calon berupa rancangan Daftar Calon Sementara (DCS) yang akan dicermati oleh Partai Politik yang dimulai dari tanggal 6 s.d. 11 Agustus 2023, dan pada masa pencermatan tersebut Partai Politik dapat melakukan perbaikan dokumen administrasi bakal calon yang dinyatakan Tidak Memenuhi Syarat (TMS), mengganti bakal calon, mengubah nomor urut maupun mengganti foto bakal calon.

Baca juga:  Daftar ke PKB, Sudirman : Bukan Sekedar Simbol

Terhadap Bakal calon yang TMS dan tidak dilakukan perbaikan dokumennya, tidak akan ditetapkan dalam Daftar Calon Sementara. Selanjutnya berdasarkan hasil pencermatan DCS, akan dilakukan kembali verifikasi dokumen persyaratan persyaratan Bakal Calon pasca pencermatan Rancangan DCS dari tanggal 12 sampai 15 Agustus 2023, penyusunan perubahan rancangan DCS dari tanggal 16 sampai dengan 17 Agustus 2023 dan pada tanggal 18 Agustus 2023 ditetapkan Daftar Calon Sementara (DCS) Anggota DPRD Kabupaten Sumbawa pemilu tahun 2024 dan tanggal 19 sampai dengan 23 Agustus diumumkan untuk memperoleh masukan dan tanggapan masyarakat. (KS)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Share post:

iklan DPRD iklan caleg

Populer

More like this
Related

Daftar ke PKB, Sudirman : Bukan Sekedar Simbol

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com - Selasa 14 Mei 2024 sekitar...

Paket DETA Pertama Serahkan Berkas Pendaftaran ke PKB

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com - Hj. Dewi Noviany, S.Pd., M.Pd.,...

Hanya Daftar ke Nasdem, PAN Komit Menuju Sumbawa Maju dan Berdaya Saing

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com Ketua DPD Partai Amanat Nasional (PAN)...

305 Orang Peserta Ikut Tes Jadi PPK Pilkada 2024 di Sumbawa

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten...