Empat Desa di Sumbawa Jadi Lokasi Program P3PD

Date:

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com – Empat Desa di Kabupaten Sumbawa ditetapkan sebagai lokasi Program Penguatan Pemerintahan dan Pembangunan Desa (P3PD) Subkomponen 2B oleh Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi RI.

Sebagaimana disampaikan Budi Santoso, S.Sos., M.S, Sekretaris Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten menjelaskan penetapan tersebut melalui Keputusan Dirjen Pembangunan Desa dan Perdesaan Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Teringgal dan Transmigrasi RI Nomor 144.4.4 Tahun 2022 tentang Penetapan Lokasi Program Penguatan Pemerintahan dan Pembangunan Desa (P3PD) Subkomponen 2B Project Implementation Unit Direktorat Pengembangan Sosial Budaya dan Lingkungan Desa dan Perdesaan.

Baca juga:  Forum PSDAT Kabupaten Sumbawa Dorong Mitigasi dan Adaptasi Perubahan Iklim

Dijelaskan, pelaksanaan P3PD Subkomponen 2B tentang Peningkatan Kapasitas masyarakat dan Sistem Akuntabilitas Sosial di desa merupakan upaya komprehensif dalam meningkatkan partisipasi masyarakat desa untuk meningkatkan kualitas pembangunan desa yang demokratis dan berkeadilan.

Langkah tersebut lanjutnya, ditempuh melalui pelaksanaan fasilitasi kegiatan di lokasi program terpilih P3PD Subkomponen 2B yang dikembangkan melalui Fasilitasi Peningkatan Kapasitas Masyarakat Desa melalui percontohan Desa Inklusif, Pengembangan Kapasitas Literasi Desa dan Pengembangan Pusat Pembelajaran Masyarakat, serta Pengembangan Akuntabilitas Sosial di Desa.

Baca juga:  MXGP 2024 di Kabupaten Sumbawa Batal? Begini Kata Wabup

Pelaksanaan kegiatan dimaksud dilakukan dengan menerapkan pendekatan desentralisasi asimetris melalui metode percontohan (benchmarking), yaitu dengan cara memfasilitasi beberapa desa untuk menjadi percontohan, kemudian desa-desa lainnya (desa non-lokasi percontohan) dapat belajar kepada desa-desa percontohan melalui metode sekolah lapang.

Adapun keempat Desa tersebut antara lain Desa Batu Tering Kecamatan Moyo Hulu, Desa Muer Kecamatan Plampang, serta Desa Marente dan Desa Juran Alas Kecamatan Alas. (KS/aly)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Share post:

iklan DPRD iklan caleg

Populer

More like this
Related

MXGP 2024 di Kabupaten Sumbawa Batal? Begini Kata Wabup

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com - Wakil Bupati Sumbawa Hj. Dewi...

Masa Jabatan 155 Kades dan 915 BPD di Kabupaten Sumbawa Diperpanjang jadi 8 Tahun

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com - 155 orang kepala desa dan...

Forum PSDAT Kabupaten Sumbawa Dorong Mitigasi dan Adaptasi Perubahan Iklim

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com - Rapat Forum Pengelolaan Sumber Daya...

Buka Pendaftaran Pilkada 2024, Gelora Sumbawa Cari Pasangan BJS

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com - DPD Gelora Sumbawa mengusung Burhanuddun...