Sabtu, Desember 9, 2023

Disos Sumbawa Siapkan Surat Edaran Prosedur PUB

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com – Pemerintah Kabupaten Sumbawa melalui Dinas Sosial (Disos) saat ini tengah menggodok Surat Edaran (SE) Bupati terkait prosedur Pengumpulan Uang dan Barang (PUB) untuk kegiatan sosial.

Sebagaimana disampaikan oleh Kepala Disos Kabupaten Sumbawa Abubakar, S.Sos., Selasa (19/07/2022) kepada wartawan bahwa, kegiatan PUB kerap muncul saat adanya bencana alam, terutama di lampu merah yang dilakukan oleh berbagai kalangan.

Hanya saja lanjutnya, selama ini kegiatan tersebut tidak terdata oleh pihaknya selaku dinas yang bertanggungjawab terkait kegiatan sosial semacam itu.

Baca juga:  Dewan Fauzi Dorong Penggunaan Anggaran DBHCHT untuk Perluasan Lahan Tanam Tembakau

“kita tidak melarang tapi ada prosedur yang harus dijalankan. Meraka harus datang ke kami karena standarnya harus ada rekomendasi bupati untuk melakukan ijin pengumpulan itu. Siapa penanggungjawab, lokasinya, siapa terlibat, kapan mulai dan berakhir. Artinya kita tidak berbicara negatif, tapi dibebarapa tempat kita temui jangan sampai dimanfaatkan oleh oknum tidak bertanggung jawab,” jelasnya kepada wartawan.

Ia menilai, kemungkinan selama ini para penyelanggara PUB tidak mengetahui adanya aturan tersebut karena masih minimnya sosialisasi.

Baca juga:  Mitigasi Bencana Hari Pemungutan Suara, BPBD Sumbawa Himbau KPU Terkait Lokasi TPS

“Selama ini juga mungkin ada kekeliruan kami sebagai penanggungjawab karena bisa jadi mereka tidak tahu ada aturan itu karena tidak tersosialisasi,” terangnya.

Lengkah ke depan, pihaknya saat ini sedang menggodok SE Bupati Sumbawa terkait penyelenggaraan PUB. “Kita sedang godok edaran bupati untuk semua penyelenggara PUB, baik sekolah, perguruan tinggi hingga lembaga kemasyarakatan lainnya, bahwa untuk melakukan PUB harus ada rekomendasi bupati dan ada persyaratan yang harus dipenuhi,” pungkasnya. (KS/aly)

Berita Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Stay Connected

0FansSuka
3,912PengikutMengikuti
2,713PelangganBerlangganan
- Advertisement -

Berita Terkini