Pemkab Sumbawa Pastikan Pengadaan Lahan Samota Tidak Sia-Sia

Date:

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com – Pemerintah Kabupaten Sumbawa telah melakukan pengadaan lahan seluas 70 hektar di Wilayah Samota. Lahan tersebut, sempat digunakan sebagai lokasi pelaksnaaan Motocross Internasional MXGP tahun 2022 dan 2023.

Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekda Sumbawa, Lalu Suharmaji Kertawijaya, S.T., M.T, menegaskan, pembebasan lahan tersebut tidak akan sia-sia meski tidak lagi menjadi lokasi pelaksanaan MXGP.

Dimana, MXGP 2024 yang semulanya akan terselanggara di lokasi tersebut batal, kerena beberbagai alasan teknis.

“Kalau kita ngomong sia-sia itu tidak ada. Karena menjadi aset. Ini kalau berpikir membeli sesuatu terus untungnya besok, tidak,” ungkapnya kepada wartawan, Selasa (04/06/2024) di ruang kerjanya.

Baca juga:  Pimpin Apel di RSUD Sumbawa, Sekda : Wujudkan Senyum Salam Sapa

Ia mengakui, MXGP menjadi salah satu fakor pembebasan lahan tersebut. Namun, yang menjadi fokus saat ini adalah pembangunan Samota Sport Center.

“Terkait dengan pengadaan lahan memang MXGP merupakan salah satunya. Namun, yang menjadi fokus kita adalah pembangunan sport center secara menyeluruh dengan berbagai macam aktivitas ekonomi, UMKM, Stadion, karantina hewan, karantina tumbuhan, dan sebagainya,” jelasnya.

Lanjutnya, sport center ini diharapkan terbangun menjadi cikal bakal menghadapi Pekan Olahraga Nasional (PON) Tahun 2028. Dimana, Provinsi NTB bersama NTT menjadi tuan rumah. Berkaitan hal ini juga, Tim Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat telah turun lapangan melakukan investigasi di lokasi.

Adapun progres pembangunan Samota Sport Center lanjutnya, pemerintah daerah telah membuat master plan, desain aula, lokasi UMKM, akses jalan masuk, dan pembuatan pagar depan.

Baca juga:  Pimpin Apel di RSUD Sumbawa, Sekda : Wujudkan Senyum Salam Sapa

“Bulan Januari pemerintah daerah sudah mengajukan proposal ke Kemenpora dan PUPR untuk kita bisa dialokasikan minimal dana persiapan menghadapi PON 2028,” terangnya.

Harapan terbesar tambahnya, lokasi tersebut manjadi kawasan terpadu dalam mendukung pengembangan sport tourism (wisata olahraga) di Kabupaten Sumbawa khususnya dan NTB pada umumnya.

“Salah satunya kita sudah didukung dengan pembangunan jalan Samota, insya Allah tahun 2026 sudah tuntas semua. Sehingga nanti tahun 2028 bisa terlihat bagaimana kesiapan kita, tentunya premprov akan mendukung,” pungkasnya. (KS)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Share post:

iklan DPRD iklan caleg

Populer

More like this
Related

Pimpin Apel di RSUD Sumbawa, Sekda : Wujudkan Senyum Salam Sapa

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com – Sekretaris Daerah (Sekda) Sumbawa, Dr....

Dua Instruktur BLK Sumbawa Juara KKIN IX Regional Wilayah Barat 3, Satu Tembus Nasional

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com - Prestasi gemilang diraih oleh Dua...

Pelayanan CT Scan RSUD Sumbawa Dialihkan ke RSMA

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com - Pelayanan Computed Tomography Scan atau...

Wabup Beri Penjelasan Kasus Pengadaan Masker yang Seret Namanya

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com - Kasus dugaan korupsi pengadaan masker...