Satpol PP Sumbawa Luncurkan Gerakan Gempur Rokok Ilegal

Date:

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com – Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Sumbawa menggelar sosialisasi tentang ketentuan cukai dan tembakau, Jumat (08/03/2024) pagi di Halaman Kantor Bupati Sumbawa.

Kegiatan dirangkaikan dengan senam bersama OPD, instansi terkait dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) Satpol PP ke 74 dan Satlinmas ke 62 di Kabupaten Sumbawa.

Kegiatan dibuka secara resemi oleh Bupati Sumbawa H. Mahmud Abdullah bersama Wakil Bupati Hj. Dewi Noviany, S.Pd., M.Pd, serta dihadiri oleh kepala OPD, dan intansi terkait.

Ditemui usai kegiatan, Kasat Pol PP Kabupaten Sumbawa, Abdul Haris, S.Sos., mengatakan, kegiatan ini bertujuan memberikan edukasi dan menyampaikan materi tentang rokok dan tembakau kemasan tanpa pita cukai (ilegal), sehingga menambah pengatahuan pentingnya penggunaan pita cukai rokok dan tembakau iris kemasan. Sekaligus, meluncurkan Gerakan Gempur Rokok Ilegal di Kabupaten Sumbawa.

Baca juga:  Pansus DPRD Sampaikan Laporan Pembahasan Ranwal RPJPD 2025-2045

“gempur rokok ilegal. Sehingga rokok-rokok yang masih bentuk ilegal ke depan bisa menjadi legal atau bisa diurus terkait pita cukai rokok,” ujarnya.

Diharapkan, gerakan ini akan berdampak positif pada meningkatnya pemasukan daerah yang bersumber dari Dana Bagi Hasil (DBH) cukai rokok.

“Dampak positif dari gempur rokok ilegal ini adalah untuk dapat meningkatkan pemasukan dari cukai rokok,” tukasnya.

Sejauh ini tambahnya, pihaknya melalui Tim DBHCHT yang terdiri dari Sapol PP, Bea Cukai, TNI, POLRI, dan Kejaksaan, secara rutin melakukan berbagai kegiatan berkiatan dengan pencegahan maupun penindakan terhadap peredaran rokok ilegal di Kabupaten Sumbawa.

Baca juga:  6 Hotel Rekomendasi Infront untuk Akomodasi MXGP Sumbawa 2024

“Sejaun ini upaya dilakukan oleh PolPP sendiri, memang dalam aturan ada hal-hal yang wajib dilakukan atau ketentuan yang diatur. Pertama, tetap melalui pengumpulan informasi, turun ke lapangan mencari dan melihat posisi keberadaan rokok ilegal dan apa jenisnya. Kemudian, melalukan sosialisasi hingga ke desa-desa sehingga masyarakat, pedagang lebih faham. Setelah itu, dilakukan pengempuraran dengan operasi gabungan untuk menertibkan rokok ilegal yang beredar,” pungkasnya. (KS)

2 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Share post:

iklan DPRD iklan caleg

Populer

More like this
Related

Bupati Sumbawa Serahkan SK Pengangkatan 759 P3K Formasi 2023

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com – Sebanyak 759 orang Pegawai Pemerintah...

PBK Tinggi Peminat, BLK Sumbawa Fokus Pada Kebutuhan Dunia Usaha/Dunia Industri

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com - Dalam upaya mengatasi lonjakan pengangguran,...

Pansus DPRD Sampaikan Laporan Pembahasan Ranwal RPJPD 2025-2045

Sumbawa, Kabarsumbawa.com - Pembahasan Rancangan Awal (Ranwal) Rencana Pembangunan...

Tingkatkan Perlindungan Anak, DPRD Sumbawa Bahas Pembentukan Rumah Aman

Mataram, Kabarsumbawa.com - DPRD Kabupaten Sumbawa berkomitmen meningkatkan perlindungan...