Pemda Sumbawa Terima Penghargaan dari Ombudsman

Date:

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com – Pemda Sumbawa kembali menerima penghargaan dari Ombudsman karena dinilai berprestasi dalam penyelenggaraan pelayanan publik tahun 2023.

Penghargaan berupa predikat penilaian kepatuhan penyelanggaraan pelayanan publik tahun 2023 tersebut diserahkan langsung perwakilan Ombudsman RI Provinsi NTB kepada Bupati Sumbawa, Kamis (18/1/24) di Lantai 3 Kantor Bupati Sumbawa.

Bupati Sumbawa Drs. H. Mahmud Abdullah dalam sambutannya menyampaikan penghargaan ini merupakan sebuah kebahagiaan dan kebanggaan tersendiri bagi Pemda Sumbawa, karena diberikan anugerah yang luar biasa atas capaian luar biasa pula. Dalam konteks penyelenggaraan pelayanan publik, kabupaten sumbawa telah memperoleh predikat penilaian kepatuhan tingkat tinggi dengan kategori b atau zona hijau, menurut hasil survei Ombudsman Republik Indonesia tahun 2023.

“Kita saksikan bersama bagaimana Kabupaten Sumbawa, yang pada tahun 2022 berada dalam zona kuning dengan nilai 67,24 dan kategori c (kualitas sedang), berhasil melompat signifikan pada tahun 2023 dengan memperoleh nilai 80,06 dan masuk ke dalam zona hijau dengan kategori b (kualitas tinggi),” kata Bupati.

Keberhasilan ini tentu katanya tidak terlepas dari kerja keras, dedikasi, serta sinergi antara seluruh instansi pemerintah daerah. Termasuk beberapa sampel unit layanan yang memperoleh penilaian kualitas tinggi seperti dinas sosial, dinas kependudukan dan pencatatan sipil, serta puskesmas unit II Sumbawa.

“Kita juga tidak boleh melupakan peran serta masyarakat yang menjadi penerima manfaat dari pelayanan publik ini, juga sekaligus sebagai mitra utama dalam mencapai pelayanan publik yang bermutu,” ujarnya.

Bupati berharap ke depan Pemda Sumbawa dapat menjadi contoh bagi daerah lain, bahwa pelayanan publik yang berkualitas dapat diwujudkan melalui komitmen dan kebersamaan. Penilaian ini bukan hanya sebatas prestasi, tetapi juga menjadi motivasi untuk terus meningkatkan mutu layanan kepada masyarakat.

“Saya ingin menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya kepada seluruh elemen pemerintah daerah yang telah bekerja keras untuk mencapai peningkatan signifikan ini. Perjalanan dari zona kuning menjadi zona hijau tidaklah mudah, tetapi bersama-sama, kita berhasil mengatasi setiap rintangan dan tantangan yang dihadapi,”apresiasinya.

Kepada Ombudsman Republik Indonesia perwakilan Provinsi NTB, bupati mengucapkan terima kasih atas kontribusi dan bimbingan yang telah diberikan dalam melaksanakan survei ini.

Apresiasi ini menjadi bukti konkret bahwa Pemda Sumbawa dapat berkembang dan terus memperbaiki diri untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat. Apresiasi ini juga menjadi pembuktian bahwa langkah-langkah yang ditempuh bersama selama ini tidak sia-sia dan telah berada pada track yang benar. Predikat zona hijau ini menjadi cermin kepercayaan masyarakat terhadap kemampuan pemerintah dalam memberikan pelayanan yang terbaik.

“Saya mengajak seluruh aparatur pemerintah daerah, baik di tingkat kabupaten maupun kecamatan, untuk tidak berhenti di titik ini. Mari kita terus berinovasi, terus berkolaborasi, dan terus beradaptasi dengan dinamika kebutuhan masyarakat,”ajaknya.

Ia berkeyakinan, dengan keberhasilan ini, Sumbawa akan semakin diakui sebagai daerah yang unggul dalam penyelenggaraan pelayanan publik.

“Namun, mari kita tetap rendah hati dan terus berupaya untuk meningkatkan kualitas layanan publik agar dapat memenuhi harapan dan kebutuhan masyarakat dengan lebih baik lagi,” harapannya. (KS)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Share post:

iklan DPRD iklan caleg

Populer

More like this
Related

Pelayanan Truk Sampah Libur Saat Lebaran, Dinas LH Siapkan Kontainer di Sejumlah Titik

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com - Pelayanan sampah rutin menggunakan dump...

Dikes Sumbawa Atensi Peningkatakan Kasus DBD

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com - Kasus Demam Berdarah Dengue (DBD)...

Pemda Sumbawa dan Plan International Indonesia Gelar Musrembang Tematik Penanganan Perubahan Iklim

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com - Musyawarah Rencana Pembangunan Jangka Panjang...

Diskominfotiksan Sumbawa Bakal Gelar Pelatihan GTA Bagi ASN

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com - Setelah sukses menggelar pelatihan secara...