100 Tahun Desa Batu Bulan, Masyarakat Semarakkan Tradisi Nuja Rame

Date:

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com – Dalam rangka memperingati 100 tahun Desa Batu Bulan, Kecamatan Moyo Hulu, Pemdes setempat menggelar berbagai kegiatan bertajuk Pesona Batu Bulan.

Nuja Rame merupakan salah satu rangkaian kegiatan Pesona Batu Bulan. Kegiatan yang diselenggarakan, Jumat (25/08/2023) siang di Gedung Olahraga Desa dihadiri oleh Wakil Bupati Sumbawa, Dewi Noviani, Camat Moyo Hulu, Danramil Moyo Hulu, beberapa kepala desa se Kecamatan Moyo Hulu.

Kepala Desa Batu Bulan, Yunus Syufriadi S.Pd.I, Jumat (25/08/2023) mengatakan, kegiatan ini digelar dalam rangka perayaan HUT desa Bulan yang ke 100 atau 1 abad.

Dikatakan, Nuja Rame adalah salah satu kegiatan yang ikut digelar dalam kegiatan Pesona Batu Bulan. “Nuja Rame adalah tradisi nenek moyang kita. Nuja Rame salah satu tradisi untuk menguatkan sikap gotong royong masyarakat,” katanya.

Baca juga:  FKH UNDIKMA Latih Petugas Kesehatan Hewan Pulau Sumbawa Cara Pengendalian dan Penanggulangan Wabah Penyakit

Selain menguatkan Gotong Royong, Nuja Rame adalah wujud kekompakan masyarakat. “Selain gotong royong, kekompakan, juga sebagai ajang silaturahmi masyarakat kami di Batu Bulan ini,” kata Yunus.

Tradisi Nuja Rame, lanjut Yunus, saat ini masih terus dilaksanakan di Batu Bulan, terutama di acara acara perkawinan. “Dalam kegiatan Nuja Rame Pesona Batu Bulan ini, hasilnya dikumpulkan untuk biaya membangun masjid milik desa,” tutup kades.

Wakil Bupati Sumbawa, Hj. Dewi Noviani, memuji Pemdes Batu Bulan, yang masih terus mempertahankan tradisi leluhur Suku Sumbawa atau Suku Samawa.

Baca juga:  Tingkatkan Kapasitas, 32 Orang Petugas Keswan Akan Dikirim ke BBIB Singosari

“Ini bisa jadi contoh bagi desa lain di Kabupaten Sumbawa, untuk menghidupkan terus tradisi leluhur,” kata Novi, panggilan akrab wabup.

Menurutnya, dengan adanya kegiatan budaya seperti Pesona Batu Bulan ini, akan menjadi pengetahuan dan warisan bagi anak anak penerus generasi.

“Kegiatan ini akan dilihat oleh anak anak, sehingga mereka tau, ada tradisi yang ditinggalkan oleh nenek moyang kita yang harus tetap kita jaga dan lestarikan,” pungkasnya.

Adapun rangakaian kegiatan Pesona Batu Bulan diantaranya kegiatan budaya, keagamaan dan olahraga, salah satunya adalah Tradisi Nuja Rame atau menumbuk padi beramai ramai. Malam puncak tasyakuran direncakan malam minggu mendatang. (KS)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Share post:

Populer

More like this
Related

Tingkatkan Kapasitas, 32 Orang Petugas Keswan Akan Dikirim ke BBIB Singosari

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com - Pemerintah Kabupaten Sumbawa melalui Dinas...

FKH UNDIKMA Latih Petugas Kesehatan Hewan Pulau Sumbawa Cara Pengendalian dan Penanggulangan Wabah Penyakit

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com – Fakultas Kedokteran Hewan (FHK) Universitas...

Tahun Ini, Pemda Sumbawa Tangani Jalan Osapsio

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com - Kondisi jalan Osapsio, Kecamatan Sumbawa,...

Promosikan MXGP 2024, Baim Wong Akan Datang ke Sumbawa

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com - Persiapan pelaksanaan MXGP Sumbawa -...