Bendera Kirab Pemilu 2024 Tiba di Kabupaten Sumbawa

Date:

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com – Bendera Kirab Pemilihan Umum (Pemilu) Tahun 2024 tiba di Kabupaten Sumbawa. Serah terima Bendera Kirab dari KPU Kabupaten Bima kepada KPU Sumbawa dilaksanakan, Kamis (08/06/2023) pagi di Halaman Kantor KPU Sumbawa.

Kegiatan dihadiri oleh Bupati Sumbawa, Ketua dan Anggota KPU NTB, Komisioner dan Sekretaris KPU Kabupaten/Kota se NTB, Bawaslu Sumbawa, Forkopimda, Pengurus Parpol, dan PPK.

Kegiatan yang juga disiarkan secara langsung melalui kanal youtube KPU NTB itu, mengangkat tema Pemilu sebagai Sarana Integrasi Bangsa.

“Ini tindaklanjut dari kegiatan yang dilaksanakan tanggal 14 Februari 2023. Kita diundang oleh KPU RI untuk menyaksikan pelepasan bendera peserta pemilu 2024. Hari ini tiba di Kabupaten Sumbawa menuju 251 hari menuju hari pemungutan suara,” kata Ketua KPU Sumbawa, M Wildan dalam sambutannya.

Menurutnya, kegiatan ini bertujuan untuk memperkenalkan kepada masyarakat bahwa ada 18 Parpol peserta Pemilu 2024 mendatang. Untuk memperkanalkannya, kirab akan keliling Kabupaten Sumbawa, namun tidak ke seluruh kecamatan yang ada. Melaikan akan mengambil perwakilan di masing-masing Daerah Pemilihan (Dapil).

“Sosialisasi berkenaan dalam hal memperkenalkan partai politik sebagai peserta pemilu 2024,” kata Wildan.

Kemudian juga lanjutnya, akan dilakukan sosialisasi tata cara pengecekan Daftar Pemilih Tetap (DPT). Dimana, sesuai PKPU, akan dilakukan rapat pleno penetepan DPT di Tingkat Kabupaten Sumbawa pada tanggal 20 – 21 Juni. Selanjutnya, mensosialisasikan terkait dapil. Dimana, ada 5 dapil terdiri dari 45 kursi anggota dewan.

“Hari ini kita serentak melakukan sosialisasi pemilu di kecamatan yang dilaksanakan oleh PPK baik di sekolah dengan sasaran pemilih baru,” ujarnya.

Sebagai informasi tambah Wilda, Kirab Bendera Pemilu 2024 akan berlangsung selama 6 hari di Kabupaten Sumbawa mulai tanggal 08 – 13 Juni. Selanjutnya, akan diserahkan kepada KPU Lombok Timur, pada tanggal 14 Juni 2023 mendatang.

“Jadi kirab ini akan bersifat estapet. Hari ini KPU Kabupaten Sumbawa akan menerima dari KPU Kabupaten Bima mulai tanggal 8 sampai 13 juni. Tanggal 14 akan kami serahkan kepada KPU Kabupaten Lombok Timur,” pungkasnya. (KS)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Share post:

iklan DPRD iklan caleg

Populer

More like this
Related

Daftar ke PKB, Sudirman : Bukan Sekedar Simbol

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com - Selasa 14 Mei 2024 sekitar...

Paket DETA Pertama Serahkan Berkas Pendaftaran ke PKB

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com - Hj. Dewi Noviany, S.Pd., M.Pd.,...

Hanya Daftar ke Nasdem, PAN Komit Menuju Sumbawa Maju dan Berdaya Saing

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com Ketua DPD Partai Amanat Nasional (PAN)...

305 Orang Peserta Ikut Tes Jadi PPK Pilkada 2024 di Sumbawa

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten...