Sumbawa Antisipasi Lonjakan Kasus Setelah Libur Nataru

Date:

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com – Pemerintah Daerah (Pemda) Sumbawa menyiapkan langkah antisipasi lonjakan kaus setelah libur Natal 2021 dan Tahun Baru 2022 (Nataru).

Sekretaris Daerah (Sekda) Sumbawa, Drs. H. Hasan Basri, MM., menegaskan, Pemda tidak mau kecolongan selama nataru. Dimana, terdapat potensi terjadinya penularan kasus selama libur penjang seperti ini.

“Kita sudah tindaklanjuti dengan Surat Edaran Bupati bahwa ada beberapa pembatasan kegiatan masyarakat. Misalnya berkumpul tidak boleh lebih dari 50 orang. Beberapa kegiatan sekarang ditunda karena sering kali pada saat libur panjang seperti ini, setelahnya itu akan terjadi penularan covid19,” ungkapnya kepada wartawan, Senin (27/12/2021) di ruang kerjanya.

Lanjutnya, juga telah dibentuk tim patroli gabungan, termasuk membuat beberap pos pemeriksaan dan pelayanan. Dimana, di pos tersebut, petugas akan melakukan pengecekan terhadap masyarakat yang masuk maupun keluar Sumbawa.

“dibuat beberapa pos nanti yang akan melakukan pemeriksaan terhadap masyarakat yang masuk nantinya. Sehingga nantinya akan menunjukkan kartu vaksinnya, kalau memang tidak bisa menunjukkan kartu vaksinnya maka akan dilakukan vaksin ditempat itu. Juga akan dilakukan karantina dibawah pemantauan petugas di lapangan untuk pendatang,” jelasnya.

“Kita tetap mengacu pada regulasi secara nasional. Ada pembatasan-pembatasan selama Nataru. Tadi juga sudah disampaikan dalam meeting dengan Mentri Dalam Negeri dan Mentri Kesehatan bahwa kita harus waspada jangan sampai ada kelonggaran,” tambahnya.

Menurut Sekda, ada dua hal yang harus ditekankan dalam penanganan Covid-19. Yakni penerapan 3M dan peningkatan vaksinasi.

“Nanti semua kepala dinas itu diminta untuk turun ke kecamatan semua dan masing-masing sudah ada penanggungjawab. Memastikan pelayanan vaksinasi. Untuk capaian kita, dosis 1 sudah 72 persen dan dosis 2 sudah 42 persen,”pungkasnya. (KS/aly)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Share post:

iklan DPRD iklan caleg

Populer

More like this
Related

Pelayanan Truk Sampah Libur Saat Lebaran, Dinas LH Siapkan Kontainer di Sejumlah Titik

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com - Pelayanan sampah rutin menggunakan dump...

Dikes Sumbawa Atensi Peningkatakan Kasus DBD

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com - Kasus Demam Berdarah Dengue (DBD)...

Pemda Sumbawa dan Plan International Indonesia Gelar Musrembang Tematik Penanganan Perubahan Iklim

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com - Musyawarah Rencana Pembangunan Jangka Panjang...

Diskominfotiksan Sumbawa Bakal Gelar Pelatihan GTA Bagi ASN

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com - Setelah sukses menggelar pelatihan secara...