Pembangunan Tugu Bale Jam Simpang Bingung Dapat Rekomendasi dari LATS

Date:

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com – Lembaga Adat Tanah Samawa (LATS) memberikan rekomendasi terkait pembangunan Tugu Bale Jam di Taman Simpang Sernu, Sumbawa Besar, yang juga dikenal sebagai Simpang Bingung.

Rekomendasi LATS tertuang dalam surat nomor 01/Pejatu/LATS/I/2024 yang ditandatangi oleh Ketua Pejatu Adat LATS Dr. M. Ikhsan Safitri, M.Si, pada tanggal 11 Januari 2024 di Sumbawa Besar.

Setelah mempelajari desain yang diajukan, LATS memberikan beberapa apresiasi dan rekomendasi terhadap proyek tersebut.

Dalam pernyataannya, LATS menyampaikan apresiasi kepada Pemerintah Kabupaten Sumbawa yang telah berupaya menginternalisasi ragam khas Samawa dalam rancangan tugu yang akan dibangun, serta pemilihan gagasan rancangan yang mengacu pada Bale Jam Istana Bala Puti.

LATS juga berharap bahwa tugu tersebut dapat menjadi salah satu penanda kota (Landmark) dan menekankan pentingnya konsistensi dengan kearifan lokal Tau dan Tana Samawa dalam proses pembangunan.

Adapun rekomendasi yang disampaikan oleh LATS untuk penguatan citra lokalitas pada tugu tersebut adalah sebagai berikut: Penulisan nama sponsor agar disesuaikan proporsinya dengan logo Kabupaten Sumbawa dan lebar bangunan secara keseluruhan.

Baca juga:  Dorong Transformasi Digital, 150 Pegawai Pemkab Sumbawa Ikuti Pelatihan GTA

Jam yang akan dipasang dirancang dan diinstalasi sedemikian sehingga dapat mengeluarkan penanda waktu secara audio yang dapat didengar dalam radius tertentu dari bundaran tersebut.

Di ujung setiap jurai atap atau di sudut bangunan dipasang ukiran buah nanas dengan dimensi yang proporsional dengan dimensi atap.

Diharapkan dengan penerapan rekomendasi ini, tugu Bale Jam di Taman Simpang Sernu akan menjadi simbol yang kuat bagi Kabupaten Sumbawa, sementara tetap mempertahankan nilai-nilai dan kearifan lokal.

Kepala Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian Kabupaten Sumbawa, Drs. Hasanuddin, menjelaskan pembangunan Tugu Bale Jam di Taman Simpang Sernu adalah sebuah Kolaborasi Strategis Antara IM3 dan Pemerintah Kabupaten Sumbawa.

Pemerintah Kabupaten Sumbawa bersama dengan IM3 (Indosat Ooredoo Hutchison) tengah merampungkan pembangunan Tugu berbentuk Bale Jam di Taman Simpang Sernu. Pembangunan ini merupakan hasil dari kolaborasi strategis antara IM3 dan Pemerintah Kabupaten Sumbawa, yang bertujuan untuk memperkuat hubungan baik dengan masyarakat sekitar serta sebagai bagian dari program Corporate Social Responsibility (CSR).

Baca juga:  34 Calon Jamaah Haji Sumbawa Masuk Kategori Lansia Beresiko Tinggi

Drs. Hasanuddin, menjelaskan bahwa pembangunan tugu ini telah melalui berbagai tahapan yang sistematis dan melibatkan partisipasi dari berbagai unsur masyarakat.

“Pembangunan Tugu berbentuk Bale Jam di Taman Simpang Sernu telah melalui proses yang sistematis dengan melibatkan berbagai pemikiran dan kebijaksanaan banyak unsur masyarakat,” ujarnya.

Proses pembangunan ini telah dimulai sejak proposal dari IM3 pada bulan November 2023 tentang Pembangunan Tugu IM3, hingga pengajuan rekomendasi kepada Lembaga Adat Tana Samawa (LATS) Kabupaten Sumbawa dan rekomendasi dari Bupati Sumbawa tentang Penataan Taman Simpang Sernu.

Hasanuddin juga menegaskan bahwa Pemerintah Kabupaten Sumbawa sangat terbuka terhadap semua saran konstruktif dari berbagai pihak dalam setiap pelaksanaan pembangunan, dengan menyediakan berbagai kanal dan media komunikasi.

“Segala pendapat yang berkembang saat ini, setelah pembangunan tugu sedang berlangsung dan mendekati fase akhir, yang semestinya terakumulasi pada tahapan perencanaan pada dasarnya dapat dipahami karena tidak semua dapat terlibat sebelumnya,” tambahnya. (KS)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Share post:

iklan DPRD iklan caleg

Populer

More like this
Related

Segera Buka Pendaftaran Pilkada, Gelora Sumbawa Syaratkan Calon Komit Tetap Harmonis Jika Terpilih

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com - DPD Partai Gelora Kabupaten Sumbawa...

Dislutkan Sumbawa Rehap Kolam Induk BBIAT Rhee

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com - Kabupaten Sumbawa memiliki potensi sumberdaya...

Anggota DPRD Sumbawa Sampaikan Aspirasi Masyarakat dalam Sidang Paripurna Hasil Reses 2021

**Sumbawa Besar, kabarsumbawa.com** - Anggota DPRD Kabupaten Sumbawa telah...

Pasangan MOFIQ Segera Terima SK Golkar dan PDIP

Mataram, Kabarsumbawa.com - Pasangan Drs. H. Mahmud Abdullah dan...