Stabilkan Harga Jagung, Bulog Bima Terapkan Dua Skema Pembelian

Date:

Bima, Kabarsumbawa.com – Perum Badan Urusan Logistik (Bulog) Cabang Bima menerapkan dua skema dalam menstabilkan harga jagung di wilayah kerjanya.

Pemimpin Cabang (Pinca) Bulog Bima, Kurnia Rahmawati, mengatakan, sebagai upaya menstabilkan harga jagung di tiga wilayah kerja yakni, Kabupaten Bima, Kabupaten Dompu, dan Kota Bima, pihaknya menerapkan dua skema pembelian.

Pertama jelasnya, pihaknya menerapkan skema pembelian untuk keperluan Commisioning test Corn Drying Center (CDC) di Dompu. Di mana, pihaknya menyerap jagung basah dengan Kadar Air (KA) diatas 17% dengan harga rafaksi sesuai kententuan Bapanas, yang telah dimulai sejak tanggal 19 April kemarin.

Baca juga:  Masyarakat Sumbawa Kini Bisa Umroh Dulu, Bayar Belakangan

Adapun jumlah yang telah terserap sejak tanggal 19 – 23 April ini, sebanyak 658.480 kg, dan jika ditotalkan dengan penyerapan sejak awal commisioning test, 18 Maret – 23 April sebanyak 1.826.880 kg.

“Penyerapan Bulog sesuai ketentuan dan harga Bapanas adalah sebagai upaya untuk menstabilkan harga jagung, sehingga harga jagung di saat panen tidak anjlok, atau tetap berada di harga acuan pemerintah (HAP),” jelasnya.

Baca juga:  Masyarakat Sumbawa Kini Bisa Umroh Dulu, Bayar Belakangan

Kedua lanjutnya, pihaknya sejak tanggal 18 April kemarin telah melakukan penyerapan dengan skema komersial, dengan harga Rp 4.500 (inc pph 22%) dengan KA maksimal 14%. Hingga tanggal 23 April kemarin, telah terserap sebanyak sebanyak 377.300 kg.

“Skema komersial kami jalankan dengan pembelian diatas HAP dgn mempertimbangkan potensi penjualan komersial dan tentunya harga ini harapannya membuat masyarakat bisa tersenyum lebih lebar,” pungkasnya. (KS)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Share post:

iklan DPRD iklan caleg

Populer

More like this
Related

Masyarakat Sumbawa Kini Bisa Umroh Dulu, Bayar Belakangan

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com - Kabar baik bagi masyarakat Kabupaten...

Bulog Sudah Serap Jagung di Sumbawa Sejak 1 Mei 2024, Berikut Daftar Mitranya

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com - Perum Bulog Kancab Sumbawa telah...

Pertamina Siapkan 11.900 KL Avtur Khusus Penerbangan Haji 2024

Surabaya, Kabarsumbawa.com - Pertamina Patra Niaga Jatimbalinus menyiapkan total...

Kabupaten Sumbawa Dapat Tambahan 22.920 Tabung LPG Subsidi

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com - Kabupaten Sumbawa mendapatkan tambahan 22.920...