Gubernur Kaltara Resmikan Pembangunan Asrama Mahasiswa di Kabupaten Sumbawa

Date:

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com – Mahasiswa asal Kalimantan Utara (Kaltara) yang sedang menempuh pendidikan tinggi di Kabupatem Sumbawa, akhirnya bisa tersenyum lebar. Pasalnya, mereka segera memiliki tempat tinggal permanen berupa asrama mahasiswa yang dibangun oleh Pemerintah Provinsi Kaltara.

Pembangunan ditandai dengan peletakan batu pertama oleh Gubernur Drs. H. Zainal A. Paliwang, SH., M.Hum, Senin (11/03/2024) sore di Dusun Nijan Atas, Rt 02 Rw 02 Desa Nijang, Kecamatan Unter Iwis.

Turut hadir pada kegiatan tersebut, Kepala Dinas Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat (PUPR) Provinsi Kaltara, Ir. Helmi, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama Desa Nijang, dan sejumlah mahasiswa asal Kaltara.

“Hari ini kami hadir di Kabupaten Sumbawa dalam rangka peletakan baru pertama pembangunan asrama mahasiswa putra dan putri asal Kalimantan Utara di Kabupaten Sumbawa,” kata Drs. H. Zainal A. Paliwang, usai kegiatan.

Dijelaskan, pembangunan asrama ini merupakan bentuk kepedulian pemerintah provinsi terhadap mahasiswa yang sedang menempuh pendidikan tinggi di luar daerah. Setelah adanya asrama ini, mereka tidak perlu lagi tinggal dikontrakan, kerena bisa menempati asrama secara gratis.

“alhamdulillah tahun ini akan kita kerjakan, dan selesai juga tahun ini. Mereka sudah tidak perlu mengontrak lagi. Selain di Sumbawa, sudah kita buat di Jogja, Malang sedang berproses, Makassar, dan Samarinda,” terangnya.

Baca juga:  Progres Pengerjaan Dermaga Apung Desa Labuhan Jambu Lampaui Target

Dengan adanya pembangunan ini tambahnya, pemprov menyiapkan gerenasi muda penerus kepemimpinan yang nantinya akan melanjutkan pembangunan di Kalimantan Utara.

“Kita otomatis menyiapkan generasi muda penerus pemimpin, kita harus siapkan SDM yang tangguh, hebat untuk melanjutkan pembangunan di Kalimantan Utara,” tandasnya.

Secara rinci Kepala Dinas Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat (PUPR) Provinsi Kaltara, Ir. Helmi, menjelaskan, pembangunan asrama ini menggunakan anggaran sekitar Rp 16 miliar. Asrama akan dibangun dua unit masing-masing untuk putra dan putri, dengan 28 kamar per unitnya. Kemudian, akan dilengkapi dengan fasilitas berupa dapur umum, caffe shop, tempat olahraga, termasuk biaya listrik ditanggung oleh pemprov.

“Nanti lengkap dengan dapur umur, cafe, olahraga, termasuk listrik dibayarkan oleh pemerintah. Nanti pengelolaannya diserahkan kepada mahasiswa secara gratis,” jelasnya.

Terkait pembangunannya kata kadis, akan dilakukan setelah lebaran, dan ditargetkan rampung diakhir tahun 2024 ini. Sementara saat ini, masih dalam proses terder.

Baca juga:  Dislutkan Sumbawa Masifkan Sosialisasi Pencegahan Destruktif Fishing

“konstruksi pembangunan akan dimulai setelah lebaran nanti. Saat ini, masih dalam proses tender. Sekitar akhir tahun ini sudah bisa diresmikan,” terangnya.

Sementara itu, Ketua Persatuan Mahasiswa Kalimantan Utara (PMKU) Kabupaten Sumbawa, Renaldy, menyampaikan terima kasih kepada Pemprov Kaltara yang telah merealisasikan pembangunan asrama mahasiswa ini. Menurutnya, ini merupakan bentuk perhatian seorang ayah kepada anaknya yang sedang menuntut ilmu di luar daerah.

“Selaku mahasiswa Kaltara yang ada disini sangat bangga sekali, dimana Pak Gubernur melihat kita ada disini. Inilah bentuk seorang ayah yang melihat anak-anaknya sedang berpendidikan di luar Kalimatan, dan beliau memfasilitasi kami sebuah penginapan yang begitu layak,” ujarnya.

Ia berharap, pembangunan bisa segera tuntas, agar dapat dimanfaatkan. “Saya berharap pembangunan ini segera terlaksanakan, supaya kita bisa ada tempat tinggal yang layak. Saat ini kami tinggal di kontrakan dibayar oleh pemprov. Tahun ini kita sudah ada di Asrama. Sebagian juga ada yang ngekos. Tapi setalah mereka mendengar adanya pembangunan asrama permanen, mereka senang, menghitung juga mengurangi pengeluaran orang tua kita,” pungkasnya. (KS)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Share post:

iklan DPRD iklan caleg

Populer

More like this
Related

Bupati Sumbawa Rakor Pemantauan Inventarisasi Data, Permasalahan Kelembagaan dan Pelayanan Publik

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com – dalam rangka pemantauan inventarisasi data...

Progres Pengerjaan Dermaga Apung Desa Labuhan Jambu Lampaui Target

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com – Pembangunan Dermaga Apung Desa Labuhan...

Dislutkan Sumbawa Masifkan Sosialisasi Pencegahan Destruktif Fishing

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com – Dinas Kelautan dan Perikanan (Dislutkan)...

Pemda Beri Penghargaan Pada Pendukung Program Penurunan Stunting di Kabupaten Sumbawa

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com – Pemerintah Kabupaten Sumbawa terus berupaya...