Optimalkan Penanganan Sampah, Pemda Sumbawa Bangun 3 TPA dan 11 TPS Terpadu

Date:

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com – Pemerintah Kabupaten Sumbawa telah meluncurkan inisiatif baru untuk mengatasi masalah sampah dengan membangun tiga Tempat Pembuangan Akhir (TPA) dan sebelas Tempat Pengolahan Sampah (TPS) Terpadu. Langkah ini diambil sebagai bagian dari upaya untuk meningkatkan pengelolaan sampah.

Menurut Ir. Syafruddin Nur, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Sumbawa, Sabtu (09/03/2024), pembangunan TPA dilakukan di tiga lokasi strategis, yaitu TPA Raberas di Kelurahan Seketeng, TPA Lekong di Kecamatan Alas Barat, dan TPA Teluk Santong di Kecamatan Plampang.

Sementara itu, ada sebelas TPS 3R yang telah dibangun di berbagai kecamatan. TPS tersebut mencakup Desa Sepakat Plampang, Unter Iwes, Labuhan Badas, Moyo Hulu, Labuhan Alas, Rhee, Luk, Lopok, Tatede, dan Lunyuk Ode.

Baca juga:  Bupati Sumbawa Serahkan SK Pengangkatan 759 P3K Formasi 2023

“Masing-masing TPS memiliki peran penting dalam pemilahan dan pengolahan sampah untuk memastikan bahwa hanya residu yang dibuang ke TPA, sementara sampah yang dapat didaur ulang atau diolah kembali digunakan secara ekonomis,’ kat kadis.

Hj. Rahmawaty S.Pi., M.Si, Sekdis LH Kabupaten Sumbawa, menjelaskan bahwa TPS Terpadu dikelola oleh desa dan hasilnya akan menjadi sumber pendapatan tambahan bagi desa setempat. Sampah yang berhasil dipilah kemudian dimanfaatkan untuk berbagai produk seperti kerajinan dari plastik dan pupuk dari sampah non-plastik, yang memiliki dampak positif secara ekonomi.

Baca juga:  Musrenbang RPJMD 2025 - 2045, Menuju Sumbawa MAS Berkelanjutan

“Namun, kesuksesan program ini sangat bergantung pada dukungan penuh dari masyarakat,” ungkapnya.

Rahmawaty, menegaskan bahwa partisipasi aktif dari masyarakat sangat penting dalam menjaga kebersihan lingkungan dan memastikan keberlanjutan program ini.

“Dengan langkah-langkah ini, Pemerintah Kabupaten Sumbawa berharap dapat mengatasi masalah sampah secara efektif dan menciptakan lingkungan yang bersih dan sehat untuk kebaikan bersama,” pungkasnya. (KS)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Share post:

iklan DPRD iklan caleg

Populer

More like this
Related

Musrenbang RPJMD 2025 – 2045, Menuju Sumbawa MAS Berkelanjutan

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com - Kabupaten Sumbawa menggelar Musyawarah Rencana...

Penjelasan 4 Ranperda Usul Pemerintah Daerah Tahun 2023

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com - Sekretaris Daerah Kabupaten Sumbawa, Dr....

Sumbawa Terima 76 Titik Akses Internet dari BAKTI Kominfo, Dikhususnya untuk Satuan Pendidikan

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com - Tahun 2024 ini, Kabupaten Sumbawa...

UHC, Pemkab Sumbawa Komit Menuju 100% Masyarakat Miliki Jaminan Perlindungan Kesehatan

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com - Pemerintah Kabupaten Sumbawa berkomit agar...