Frkasi PAN DPRD Sumbawa Sebut PAD Masih Jauh Dibawah Ekspektasi

Date:

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com – Fraksi PAN DPRD Sumbawa menyampaikan catatan, usul, dan saran terhdap Rancangan Anggaran Pendapadan dan Balenja Daerah Tahun 2023. Hal ini disampaikan dalam rapat penyampaian pandangan Fraksi – fraksi DPRD terhadap Rancangan Peraturan Daerah Kabupaten Sumbawa tentang Perubahan Atas Peraturan Daerah Nomor 16 Tahun 2022 tentang Anggaran Pendapatan Dan Belanja Daerah Tahun Anggaran 2023,

Salah satu yang menjadi fokus adalah berkaitan dengan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kabupaten Sumbawa. Ini disampaikan oleh Juru Bicara Fraksi, H. Mustajabuddin dalam rapat peripurna, Selasa (19/09) kemarin.

“Fraksi PAN melihat bahwa pencapaian ini masih berada jauh di bawah ekspektasi yang diharapkan. Oleh karena itu, kami menganggap bahwa kebijakan pendapatan daerah harus menjadi prioritas utama dalam rangka mengakselerasi proses pembangunan di daerah, sehingga dapat mengatasi permasalahan keuangan daerah yang masih sangat bergantung pada dana dari pemerintah pusat,” kata Jubir.

Baca juga:  Bupati Sumbawa Serahkan Bantuan Truk Berpendingan untuk Poklahsar

Untuk mencapai hal ini, pemerintah daerah perlu merencanakan dan mengimplementasikan kebijakan stimulasi yang tepat, serta membangun sinergitas lintas sektor untuk mengoptimalkan setiap komponen pendapatan daerah yang memiliki potensi unggulan yang belum dimanfaatkan secara maksimal, seperti sektor pariwisata dan sumber daya alam lainnya. Selain itu, perlu juga dilakukan upaya maksimal dalam pengelolaan penerimaan pembiayaan.

Baca juga:  Sekda Apresiasi KPK Beri Pendidikan Antikorupsi Pada Masyarakat

“Kami dari fraksi pan menekankan pentingnya langkah-langkah yang harus diambil untuk mencegah daerah bergantung sepenuhnya pada pajak daerah dan PAD sebagai komponen utama pendapatan daerah di masa depan,” ungkanya.

Fraksi PAN sangat mendukung upaya optimalisasi pendapatan daerah dari sumber-sumber lain, karena hal ini akan menjadi landasan yang kuat untuk mendukung pertumbuhan ekonomi di sumbawa.

“Kami percaya bahwa dengan motto Sumbawa Gemilang, akan ada semangat dan komitmen baru dalam mengambil langkah-langkah konkret untuk mengatasi berbagai permasalahan daerah dan memajukan daerah sumbawa ke arah yang lebih baik,” pungkasnya. (KS)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Share post:

iklan DPRD iklan caleg

Populer

More like this
Related

Bupati Sumbawa Rakor Pemantauan Inventarisasi Data, Permasalahan Kelembagaan dan Pelayanan Publik

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com – dalam rangka pemantauan inventarisasi data...

Progres Pengerjaan Dermaga Apung Desa Labuhan Jambu Lampaui Target

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com – Pembangunan Dermaga Apung Desa Labuhan...

Dislutkan Sumbawa Masifkan Sosialisasi Pencegahan Destruktif Fishing

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com – Dinas Kelautan dan Perikanan (Dislutkan)...

Pemda Beri Penghargaan Pada Pendukung Program Penurunan Stunting di Kabupaten Sumbawa

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com – Pemerintah Kabupaten Sumbawa terus berupaya...