120.000 Pohon Mangrove Ditanam di Desa Pulau Kaung

Date:

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com – Sebanyak 120.000 bibit pohon mangrove ditanam di Desa Labuhan Kaung, Kecamatan Buer. Penanaman di atas lahan seluas 25 hekter itu, diinisiasi oleh PT. Sumitomo Indonesia dan PT. Gas Strategis Indonesia (GSI) berekjasama dengan Pemda Sumbawa.

Penanaman yang dilaksanakan, Selasa (13/06/2023) ini, diikuti oleh Bupati Sumbawa Drs. H. Mahmud Abdullah, Direktur PT. Sumitiomo Indonesia, Mr. Hiroshi Karashima, Direktur PT. GSI, Mr. Ginanjar Sofyan, anggota Formkopimda, Kelompok Masyarakat Peduli Mangrove, Saka Kalpataru, Pramuka, Majelis Taklim, Lembaga Pendidikan, Kelompok Difable, Forum Pengelolaan Sumberdaya Air Terpadu Serta Masyarakat.

Pada kesempatan tersebut, bupati menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan upaya pemulihan dan rehabilitasi ekosistem pesisir khususnya hutan mangrove dalam rangka adaptasi dan mitigasi perubahan iklim dan menjaga keberlanjutan ekosistem pesisir. Sehingga, dalam jangka panjang dapat berkontribusi dalam penurunan emisi karbon.

“Kegiatan ini sangat sejalan dengan upaya yang telah dilakukan oleh pemerintah kabupaten sumbawa sebagai ibukota perubahan iklim yang ditetapkan oleh Jaringan Kota Pusaka Indonesia (JKPI) dan juga teluk saleh yang telah ditetapkan sebagai cagar biosfer dunia oleh Unesco,” ungkap bupati.

Baca juga:  Proyek Peningkatan Jalan SJP Lito dan Penyaring - Labu Sawo Ditender

Ia berharap, kegiatan ini menjadi salah satu momentum pelestarian lingkungan khususnya pelestarian ekosistem mangrove secara lebih massif di Kabupaten Sumbawa.

“Tahun lalu kegiatan serupa kita laksanakan di Pulau Bungin dan hari ini kita berada di Desa Pulau Kaung, berikutnya nanti kita akan mengadakan kegiatan ini di seluruh peisisir Kabupaten Sumbawa secara bertahap dan berkelanjutan,” ujarnya.

Dengan adanya kegiatan ini, bupati mengajak masyarakat agar selalu menjaga kelestarian ekosistem pesisir, sehingga dapat memberikan manfaat bagi generasi penerus kedepan.

Sementara itu, Direktur PT. Sumitomo Indonesia Mr. Hiroshi Karashima nyampaikan terima kasih kepada Pemda Sumbawa yang telah mendukung kegiatan ini. Menurutnya, hal yang penting dari kegiatan ini adalah keryawan PT. Sumitomo Indonesia menjadi lebih memperhatikan pentingnya menjaga lingkungan.

Ia juga menyadari bahwa, pentingnya kerja sama dengan intansi pemerintah. Ia tidak menyangka, kegiatan ini mendapat anusias yang sangat luar biasa dari semua pihak. “Mereka terlihat senang sehingga kami pun turut senang melihatnya. Hal tersebut adalah yang diluar dugaan kami,” ungkapnya.

Baca juga:  Dislutkan Sumbawa Rehap Kolam Induk BBIAT Rhee

Lebih lanjutnya, penanaman mangrove ini merupakan hal yang dibutuhkan dalam menjaga kelestarian alam terutama wilayah laut. Sehingga, kedepan pihaknya akan terus melaksanakan kegkatan ini secara berkelanjutan. “Kami juga terbuka apabila ada perusahaan-perusahaan lain yang ingin bergabung untuk penanaman mangrove ke Sumbawa. Target kami adalah dapat bekerjasama dengan semua pihak untuk program ini,” jelasnya.

Apakah kegiatan ini ada hubungannya dengan investasi yang akan dilakukan?

“Sumitomo Corporation memiliki banyak sekali aktivitas, dan hari ini beberapa anngota group kami dari bidang Logistic, EMS,, Pembangkit Listrik Batubara serta beberapa departemen lainnya bergabung dalam kegiatan ini. Kami pahami bahwa perjalanan masih panjang untuk melakukan offset CO2 di Indonesia saat ini. Namun hal ini tidak menghalangi kami untuk melakukan kegiatan CSR seperti penanaman mangrove sebagai langkah kami mendukung pemulihan lingkungan,” pungkasnya. (KS)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Share post:

iklan DPRD iklan caleg

Populer

More like this
Related

Segera Buka Pendaftaran Pilkada, Gelora Sumbawa Syaratkan Calon Komit Tetap Harmonis Jika Terpilih

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com - DPD Partai Gelora Kabupaten Sumbawa...

Dislutkan Sumbawa Rehap Kolam Induk BBIAT Rhee

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com - Kabupaten Sumbawa memiliki potensi sumberdaya...

Anggota DPRD Sumbawa Sampaikan Aspirasi Masyarakat dalam Sidang Paripurna Hasil Reses 2021

**Sumbawa Besar, kabarsumbawa.com** - Anggota DPRD Kabupaten Sumbawa telah...

Pasangan MOFIQ Segera Terima SK Golkar dan PDIP

Mataram, Kabarsumbawa.com - Pasangan Drs. H. Mahmud Abdullah dan...