Bulog Mulai Salurkan Bantuan Pangan CBP di KSB

Date:

Sumbawa Barat, Kabarsumbawa.com – Perum Bulog Kantor Cabang Sumbawa secara resmi meluncurkan penyaluran Bantuan Pangan Cadangan Beras Pemerintah (CBP) Tahun 2023 untuk Kelurga Penerima Manfaat (KPM) di Kabupaten Sumbawa Barat (KSB), Senin (17/04/2023) pagi Komplek Kemutar Telu Center (KTC).

“Ini adalah program dari Pemerintah Pusat berlaku di seluruh Indonesia untuk pemberian bantuan pangan. Setelah sebelumnya di Kabupaten Sumbawa, hari ini kita luncurkan di KSB,” kata Omar Sharip, Pemimpin Cabang Bulog Sumbawa kepada wartawan.

Dijelaskan, bantuan pangan ini akan disalurkan selama tiga bulan terhitung mulai Maret, April, hingga Mei mendatang. Di mana, masing-masing KPM akan menerima 10 kg per bulannya. Untuk di KSB sendiri, bantuan akan disalurkan kepada 13.673 KPM dengan alokasi beras 163.730 kg per bulan.

Baca juga:  Massa Aksi Tuntut Segera Serap Jagung Petani, Bulog Sumbawa Tunggu Anggaran

“Untuk pemerima kami menerima data dari Kemensos. Kita Bulog dalam hal ini menyediakan stoknya. Nanti dari gudang diangkut oleh transporter. Semua teknis mekanisme penyalurannya dari Gudang Bulog sampai KPM menjadi tanggungjawab transporter. Nanti penyalurahnnya melalui desa kelurahan masing-masing,” jelasnya.

Ia meyakini, penyaluran tahap pertama atau jatah bulan maret akan tuntas sebelum lebaran ini. “Untuk hari ini peluncuran 50 ton se Kacamatan Taliwang, melihat personil transporter, saya optimis bisa selesai hari ini,” tukasnya.

Adanya penyaluran bantuan tersebut tambahnya, diperkirakan tidak akan menganggu stok beras yang ada. Mengingat, saat ini pihaknya telah melakukan penyerapan. Bahkan, stok yang ada akan terus bertambah.

Baca juga:  Massa Aksi Tuntut Segera Serap Jagung Petani, Bulog Sumbawa Tunggu Anggaran

“Dengan adanya penyaluran ini stok kita cukup, karena kita sudah melakukan penyerapan. Hingga saat ini kita sudah melakukan penyerapan 3.000 ton setara beras. Dan akan terus bertambah seiring panen di beberapa wilayah,” tukasnya.

Sementara itu, Sekda KSB Amar Nurmasyah mengatakan, Pemda KSB melalui dinas terkait akan ikut melakukan pendampingan penyaluran. Penyaluran diupakan tuntas sebelum lebaran.

“Kita selaku pemerintah daerah akan ikut mendampingi penyelurannya. Bahasa dari pusat kita diharapkan menyalurkannya sebelum idul fitri. Hari ini di Kecamatan Taliwang dulu, baru dilanjutkan ke semua kecamatan,” pungkasnya. (KS/aly)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Share post:

iklan DPRD iklan caleg

Populer

More like this
Related

Massa Aksi Tuntut Segera Serap Jagung Petani, Bulog Sumbawa Tunggu Anggaran

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com - Serikat Tani Mandiri Sumbawa (Sektimas)...

Jamkrindo Latih UMKM di Sumbawa Strategi Digitalisasi Kreatif

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com - PT Jaminan Kredit Indonesia (Jamkrindo)...

Pertamina & TCC Nipah Raih Penghargaan Kalpataru 2024

Lombok Utara, Kabarsumbawa.com – Pertamina Patra Niaga Regional Jatimbalinus...

Pertamina Patra Niaga Salurkan Tambahan 266.140 Tabung LPG 3 kg di NTB Jelang Idul Adha

Mataram, Kabarsumbawa.com - Jelang Idul Adha, Pertamina Patra Niaga...