DPRD Sumbawa Bentuk Pansus Tambang

Date:

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com – Dewan Pewakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sumbawa resmi membentuk Panitia Khusus (Pansus) terhadap keberadaan usaha pertambangan di Kabupaten Sumbawa.

“Untuk pembentukan pansus itu sesuai tatib harus di sampaikan dalam paripurna dan kami tadi sudah memparipurnakan ada 2 pansus salah satunya pansus pertambangan,” kata Ketua DPRD Sumbawa Abdul Rafiq kepada wartawan usai memimpin Paripurna pembentukan Pansus DPRD, Kamis (17/11/2022) pagi tadi.

Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Sumbawa ini menjelaskan, pembentukan pansus ini dilakukan atas dasar banyak persoalan yang berkaitan dengan tambang diterima oleh DPRD melalui hearing di komisi teknis. Sehingga, pihaknya ingin mempertajam pembahasannya dengan membentuk Pansus Tambang ini.

Baca juga:  Disos Sumbawa Jadwalkan Verivali Penerima Kube 2024

“Selama ini kan hasil evaluasi kami di lembaga banyak sekali persoalan yang kami fasilitasi masalah tambang. Apakah itu CSR, penerimaaan tenaga kerja, keberadaan yang belum kita fahami secara rinci, perkantorannya, itu bagian yang sering muncul dalam hearing DPRD dan ditangani oleh komisi teknis. Nah dengan adanya pansus ini, kami ingin mempertajam ini,” jelasnya.

Rafiq menegaskan, pembentukan pansus ini bukan berarti DPRD Sumbawa anti terhadap tambang. Melainkan, untuk memastikan keberadaan tambang di Kabupaten Sumbawa benar-benar dirasakan manfaatkan.

“Tapi yang jelas semangat yang kami bangun bukan berarti anti tambang, tapi kita ingin mengatur, mudahan dengan rekomendasi pansus nanti, bisa menjadi rekomendasi yang bisa dilaksanakan oleh pemda. Sehingga, ketika ada tambang di Sumbawa benar-benar bisa dijadikan untuk mensejahterakan masyarakat sumbawa,” tegasnya.

Baca juga:  Buka Pendaftaran Pilkada 2024, Gelora Sumbawa Cari Pasangan BJS

Ketua Ikatan Keluarga Lombok Sumbawa (IKLS) ini berharap, agar pansus bisa bekerja dengan maksimal. Sehingga, dapat memenuhi apa yang menjadi ekspektasi masyarakat secara luas.

“Alhamdulillah tadi ada komposisi anggota pansis yang terdistribusi dari semua fraksi. Tinggal nanti kita akan memili ketua pansus dan baru akan ada rencana kerja,” pungkasnya. (KS/aly)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Share post:

iklan DPRD iklan caleg

Populer

More like this
Related

24 Anggota Panwascam Sumbawa Barat Dilantik

Sumbawa Barat, Kabarsumbawa.com -  Sebanyak 24 anggota Panitia Pengawas...

MXGP 2024 di Kabupaten Sumbawa Batal? Begini Kata Wabup

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com - Wakil Bupati Sumbawa Hj. Dewi...

Masa Jabatan 155 Kades dan 915 BPD di Kabupaten Sumbawa Diperpanjang jadi 8 Tahun

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com - 155 orang kepala desa dan...

Forum PSDAT Kabupaten Sumbawa Dorong Mitigasi dan Adaptasi Perubahan Iklim

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com - Rapat Forum Pengelolaan Sumber Daya...