Rehabilitasi Dermaga Pulau Moyo Dikerjakan Tahun Ini

Date:

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com – Kabar baik bagi masyarakat Pulau Moyo, Kecamatan Labuhan Badas. Pasalnya, rehabilitasi Dergama Pulau Moyo Dikerjakan tahun 2022 ini.

Sebagaimana dijelaskan oleh Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Sumbawa Abdul Aziz bahwa, sesuai dengan program Dana Alokasi Khusus (DAK) di Dishub Sumbawa DAK Fisik Penugasan Transfortasi Perairan Tematik Konektifitas dan Kawasan tahun 2022, berlokasi di Pulau Moyo.

Adapun kegiatannya yakni Rehabilitasi Fasilitas Pelabuhan Pulau Moyo, Kecamatan Labuhan Badas dengan anggaran 3,7 miliar.

Dijelaskan, untuk pelaksanannya telah dituntukan kontraktor pelaksana melalui sistem penunjukan langusng yakni CP. Multisarana Utama. Penujukan langsung ini dilakukan setelah dua kali gagal tender dan waktu tidak memungkinkan untuk dilakukan tender ke tiga.

Penjukan dilakukan berdasarkan hasil usulan dari Pejabat Pembuat Komitemen yang diverifikasi oleh Pokja tanpa mengurangi persyaratan pada tender sebelumnya.

“Tender pertama gagal, dan kedua juga gagal. Karena ini dana diluncurkan dihajatkan supaya Dergama Pulau Moyo itu mempunyai maanfaat yang besar, jadi intstruksi kementerian harus terselesaikan karena alokasi untuk 2023 sudah tidak ada lagi. Kami sudah berkonsultasi dengan ULP dan Pokja, untuk tender ke 3, karena menghitung waktu tidak memungkinkan, makanya setelah rapat dilakukan penunjukan langusung karena. Kalau ini gagal, maka pemda harus menanggung sebesar anggaran untuk merehap dermaga,” jelasnya kepada wartawan, Selasa (26/07/2022) kepada wartawan di ruangnya.

“Pemenangnya oleh CP Multisarana Utama kita ambil dari penawaran tender ke 2. PPK mengajukan 5 dari beberapa perusahaan yang daftar, kemudian diverifikasi oleh Pokja, memenuhi persyaratan tanpa mengurangi persyaratan pada saat tender,” sambungnya.

Setelah penentuan pemenang lanjutnya, dilakukan penandatangan kontrak pada tanggal 18 Juli kemarin. Kemudian dilanjutkan dengan rapat Pre Construction Meeting (PCM) bersama semua pihak terkait.

 

“Besok ada rencana sarah terima lapangan di Pulau Moyo. Mudahan ini dengan langkah yang kita ambil mudah dengan dukungan dan masukan dari semua pihak. PPK berangkat, PPTK, Konsultas, Inspektur, Pembangunan dan PUPR untuk penyerahan lapangan dan mudahan kontraktor langsung eksen besok,” pungkasnya.

Adapun rincian kegiatan rehabilitasi Degmaga Pulau Moyo yakni rehabilitasi trestie, rehabilitasi jalan lingkungan dan areal parkir, rehabilitasi kelengkapan dermaga, rehabilitasi dermaga, dan rehabilitasi cause way. (KS/aly)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Share post:

iklan DPRD iklan caleg

Populer

More like this
Related

Dua Instruktur BLK Sumbawa Juara KKIN IX Regional Wilayah Barat 3, Satu Tembus Nasional

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com - Prestasi gemilang diraih oleh Dua...

Pelayanan CT Scan RSUD Sumbawa Dialihkan ke RSMA

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com - Pelayanan Computed Tomography Scan atau...

Wabup Beri Penjelasan Kasus Pengadaan Masker yang Seret Namanya

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com - Kasus dugaan korupsi pengadaan masker...

Pemkab Sumbawa Pastikan Pengadaan Lahan Samota Tidak Sia-Sia

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com - Pemerintah Kabupaten Sumbawa telah melakukan...