Kecamatan Moyo Hilir Segera Luncurkan Program SALAM GERA

Date:

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com – Pemerintah Kecamatan Moyo Hilir, segera meluncurkan program Sapa Malam Gemilang yang Berkeadaban (SALAM GERA). Saat ini, masih tahapan finalisasi bersama dengan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait.

Demikian disampaikan Camat Moyo Hilir, Deden Fitriadi, S.STP., M.Si., kepada wartawan, Jumat (28/01/2022) di Sumbawa.

Mantan Kabid Pemerintahan Desa, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Sumbawa ini, menjelaskan bahwa program tersebut merupakan inovasi dari 10 program PATEN (Pelayanan Administrasi Terpadu di Kecamatan) Pemerintah Kabupaten Sumbawa 2021-2026, yang merupakan wujud implementasi dari misi Sumbawa Bersih dan Melayani.

Dijelaskan, SALAM GERA akan dilaksanakan serentak di 10 Desa dan Kantor Camat Moyo Hilir. Pelayanannya akan dilaksanakan pada malam hari di luar jam kantor. Untuk sementara, pelayanan dilaksanakan 1 kali dalam sebulan. Ke depan, tidak menutup kemungkinan akan dilaksanakan secara rutin.

Baca juga:  Pelayanan CT Scan RSUD Sumbawa Dialihkan ke RSMA

“Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat yang tidak dapat mengurus administrasi di siang hari karena aktifitas pekerjaan yang tidak bisa ditinggalkan,” ungkap camat termuda ini.

Lanjutnya, terdapat beberapa pelayanan admistrasi yang dapat diakses oleh masyarakat melalui program tersebut. Berdasarkan hasil koordinasi dengan OPD terkait, beberapa layanan yang akan dilaksanakan antara lain, Dukcapil terkait dokumen KTP, KK, Akta Kematian, Akta Kelahiran. UPTD Samsat melalui pelayanan samsat keliling dengan oeprasi gabungan di 2 lokasi.

Baca juga:  Dua Instruktur BLK Sumbawa Juara KKIN IX Regional Wilayah Barat 3, Satu Tembus Nasional

Selanjutnya, layanan pajak dan retribusi dari BAPENDA, dan layanan perizinan OSS oleh DPMPTSP yang akan dibantu sosialisasi oleh Kecamatan.

Saat ini, program SALAM GERA dalam proses finalisasi bersama OPD terkait di difasilitasi oleh Sekretariat Daerah. Sementara untuk peluncurannya, masih menunggu arahan dari Bagian Pemerintah Setda Sumbawa.

“Bapak bupati dan ibu wakil bupati sangat merespon kegiatan SALAM GERA ini, dan beliau tinggal menunggu undangan untuk peluncurannya. Nanti akan ada penandatangan oleh pak bupati sebagai tanda dimulainya program ini,” pungkasnya. (KS/aly)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Share post:

iklan DPRD iklan caleg

Populer

More like this
Related

Dua Instruktur BLK Sumbawa Juara KKIN IX Regional Wilayah Barat 3, Satu Tembus Nasional

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com - Prestasi gemilang diraih oleh Dua...

Pelayanan CT Scan RSUD Sumbawa Dialihkan ke RSMA

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com - Pelayanan Computed Tomography Scan atau...

Wabup Beri Penjelasan Kasus Pengadaan Masker yang Seret Namanya

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com - Kasus dugaan korupsi pengadaan masker...

Pemkab Sumbawa Pastikan Pengadaan Lahan Samota Tidak Sia-Sia

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com - Pemerintah Kabupaten Sumbawa telah melakukan...