Persiapan Bandara Sumbawa Jelang MXGP

Date:

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com – Bandara menjadi satu faktor penting pelaksanaan MXGP 2022 di Kabupaten Sumbawa. Menjelang pelaksanaan motocross kelas internasional itu, Bandara Sultan Khaharuddin Sumbawa, tengah melakukan berbagai persiapan.

Kepala UPBU Sultan Kharuddin Kabupaten Sumbawa, Tri Pono Basuki W., megatakan, pihaknya sangat mendukung pelaksanaan MXGP di Kawasan Samota yang akan dilaksanakan, 26 Juni mendatang.

“Kegiatan MXGP yang direncanakan di Kabupaten Sumbawa, di sisi tranportasi udara terutama bandara Sumbawa, kita siap mendukung,” ungkapnya.

Terkait persiapan menjelang pelaksanannya, pihaknya telah bersurat termasuk berkoordinasi langung dengan Kementerian Perhubungan di Jakarta, terkait peningkatan landasan pacu sesuai dengan hasil kunjungan Menhub ke Bandara Sumbawa belum lama ini.

Baca juga:  Anggota DPRD Sumbawa Sampaikan Aspirasi Masyarakat dalam Sidang Paripurna Hasil Reses 2021

“Terkait dengan pembangunan dari yang angarannya sedang diusahakan untuk penguatan landasan pacu kita ke Kementerian. Sementara untuk sisi darat bandara bagian depan nanti akan dilaksanakan oleh pemda provinsi maupun Kabupaten,” jelasnya kepada wartawan, Jumat (28/01/2022) kemarin.

Dijelaskan, saat ini kekuaran landasan pacu Bandara Sumbawa 30 PCN (Pavemen Classification Number), hanya bisa didarati oleh pesawat jenis ATR. Sementara panjang landasan pacu 1.800 meter kali 30 meter.

Untuk menunjang pelaksanaan MXGP, akan dilakukan peningkatan kekuatan landasan pacu. Diharapkan meningkat menjadi 37 PCN, hingga dapat didarati oleh pesawat lebih besar yakni jenis Boeing 737-500 meski dengan pematasan jumlah penumpang.

Baca juga:  Pasangan MOFIQ Segera Terima SK Golkar dan PDIP

“Bisa naik pesawat yang lebih besar, keselamat penerbangan selalu terjamin. Walaupun dengan pembatasan jumlah penumpang maksimal 120 karena panjang landasan tidak cukup makanya harus dibatasi jumlah penumpang,” terangnya.

Untuk saat ini, pihaknya intens melakukan koordinasi dengan pihak terkait. Tim Pemda Sumbawa juga telah melakukan survei penataan sisi depan bandara.

“Kita lagi kuat-kuatnya koordinasi. Saya koordinasi juga dengan Kadis Perhubungan Provinsi. Sekarang untuk penataan sendiri, kemarin tim pemda sudah survei, kita dukung supaya bandara cantik pengunjung jadi berkesan,” pungkasnya. (KS/aly)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Share post:

iklan DPRD iklan caleg

Populer

More like this
Related

Segera Buka Pendaftaran Pilkada, Gelora Sumbawa Syaratkan Calon Komit Tetap Harmonis Jika Terpilih

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com - DPD Partai Gelora Kabupaten Sumbawa...

Dislutkan Sumbawa Rehap Kolam Induk BBIAT Rhee

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com - Kabupaten Sumbawa memiliki potensi sumberdaya...

Anggota DPRD Sumbawa Sampaikan Aspirasi Masyarakat dalam Sidang Paripurna Hasil Reses 2021

**Sumbawa Besar, kabarsumbawa.com** - Anggota DPRD Kabupaten Sumbawa telah...

Pasangan MOFIQ Segera Terima SK Golkar dan PDIP

Mataram, Kabarsumbawa.com - Pasangan Drs. H. Mahmud Abdullah dan...