Waspada Angin Kencang dan Gelombang Tinggi

Date:

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kabupaten Sumbawa menghimbau masyarakat untuk mewaspadai angin kencang dan gelombang tinggi.

Angga Dwi Wibowo, A.Md., Prakirawan Cuaca BMKG Sumbawa, mengatakan, berdasarkan hasil pemantauan kondisi Atmosfer di Wilayah Nusa Tenggara Barat, terdapat adanya Tropical Storm “Conson” yang terjadi di Manila Filipina dan Tropical Storm “CHANTHU” di perairan Filipina.

Perbedaan tekanan yang signifikan antara tekanan rendah di belahan bumi utara dan tekanan tinggi di belahan bumi selatan yaitu pada tropical storm di Filipina 998HPA, 1000HPA dan tekanan tinggi 1037HPA di Australia.

Baca juga:  Pengurus Kwarcab Gerakan Pramuka Sumbawa Dilantik

Hal ini menyebabkan angin yang bertiup lebih kencang dari biasanya dengan kecepatan maksimum bisa mencapai lebih dari 40 km/jam.

“Meningkatnya kecepatan angin perlu diwaspadai karena memicu gelombang tinggi di perairan NTB yang dapat membahayakan kapal penumpang dan kapal nelayan sehingga dihimbau untuk berhati-hati,” ujarnya yang didampingi, Deny Agus Abriawan, S.Tr., Rabu (08/09/2021) di Sumbawa.

Diperkirakan angin kencang ini terjadi hingga 3 hari kedepan. Hal ini memicu terjadinya gelombang tinggi di perairan NTB yang dapat membahayakan kapal penumpang dan kepal nelayan.

Baca juga:  Pengurus Kwarcab Gerakan Pramuka Sumbawa Dilantik

“Angin kencang yang terjadi di wilayah NTB masih akan berpotensi terjadi 2-3 hari ke depan. Sehingga masyarakat dan stakeholder perlu mewaspadai kondisi cuaca dan untuk selalu tetap waspada serta update Informasi dan Peringatan Dini Cuaca dari BMKG,” pungkasnya.

Ditambahkan, untuk mendapatkan informasi terkini perkiraan cuaca dari BMK, masyarakat bisa mengakses Intstagram BMKG Sumbawa, atau bergabung ke dalam group Telegram https://t.me/Info_BMKG_Sumbawa. (KS/aly)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Share post:

iklan DPRD iklan caleg

Populer

More like this
Related

Pengurus Kwarcab Gerakan Pramuka Sumbawa Dilantik

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com - Ketua Kwartir Daerah (Ka Kwarda)...

Ketua DPRD Sumbawa Ajak Perempuan Teladani Perjuangan Kartini

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com - Hari Kartini diperingati setiap tanggal...

Sejarah Desa Rhee Segera Tercatat dalam Buku

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com - Sejarah Desa Rhee, Kecamatan Rhee,...

Avian Brands Peduli : Melukiskan Masa Depan Cerah Anak di NTB

Mataram, Kabarsumbawa.com - Sejalan dengan tanggung jawab sosial terhadap...