Puskesmas Kerato Tetap Pantau Mantan Pasien ODGJ

Date:

kabarsumbawa.com – Puskesmas Kerato tetap melakukan pantauan secara intens terhadap mantan pasien Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) yang pernah dirawat. Dimetahui sedikitnya 8 pasien ODGJ pernah menjalani dirawat intensif oleh Puskesmas Kerato.

“Terakhir itu ada dua orang. Dua-duanya sudah kembali ke masyarakat. Sekatang mereka menjadi petani seperti yang lainnya. Satu orang bahkan sudah lihai pakai handtracktor,” kata H.Syarafuddin, Skm., Kepala Puskesmas Kerato, disela kegiatannya di Kantor Bupati Sumbawa, Senin (16/07).

Diungkapkan, Puskesmas kerato pernah merawat sedikitnya 8 pasien ODGJ di Kecamata Unter Iwes, dan beberapa diantaranya dipasung oleh keluarga. Saat ini, Kecamatan Unter Iwes dinyatakan bebas pasung dan ODGJ.

“Mereka tetap kita pantau. Walaupun sekarang mereka tidak lagi berdomisili di Unter Iwes, tetap mereka kita datangi secara berkala. Dan alhamdulillah belum ada yang menunjukkan gejala-gejala negatif,” ujarnya.
Diungkapkan, sejak tahun 2015, sesuai dengan SK Bupati Sumbawa tentang Sumbawa bebas pasung 2015, Kecamatan Unter Iwes tidak ditemukan lagi kasus pasung. “Yang menggembirakan kami. Ada yang dipasung selama 25 tahun, sekarang dia sudah produktif,” tegasnya.

Dikatakan, penanganan pasien ODGJ bergantung pada kerjasama keluaega dan perlakuan lingkungan.  Sebab kesembuhan ODGJ, berpengaruh terhadap interaksi dan membangun rasa saling percaya.
“Yang menjadi kendala. Kadang-kadang dalan membangun interaksi dengan keluarga. Interaksi itu harus dilakukan berkali-kali dan terua menerus antara penderita dengan keluarga dan petugas kesehatan. Agar ada hubungan saling percaya. Kalau itu terjadi, maka intervensi oleh petugas dapat membuahkan hasil. Intinya dukungan dari keluarga dan lingkungan yang paling penting. Kalau tidak mau dibilang sakit. Berarti dia sakitnya berat. Itu jangan dipasung,”jelasnya. (ks/adm)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Share post:

iklan DPRD iklan caleg

Populer

More like this
Related

Pelayanan CT Scan RSUD Sumbawa Dialihkan ke RSMA

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com - Pelayanan Computed Tomography Scan atau...

Pembangunan Lanjutan RSUD Sumbawa Segera Dikerjakan

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com - Lanjutan pembangunan Rumah Sakit Umum...

Jumlah Peserta PBI Kabupaten Sumbawa Meningkat Setelah UHC

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com - Universal Health Coverage (UHC) merupakan...

IND 2024, PPNI Apresiasi Dedikasi Perawat di KSB

Sumbawa Barat, Kabarsumbawa.com - International Nurses Day (IND) atau...