Setahun Bekiprah, Klinik Muhammadiyah Sumbawa Gelar Jalan Sehat dan Seminar Terbuka

Date:

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com, – Dalam rangka memperingati Milad Muhammadiyah ke-108 dan 1 Tahun beroperasinya Klinik Surya Medika PKU Muhammadiyah Sumbawa, diadakan senam, jalan sehat dan seminar terbuka yang dipusatkan di Lapangan Pahlawan Sumbawa Besar pada Minggu pagi (29/10). Kegiatan tersebut berlangsung meriah, dihadiri ratusan peserta dari berbagai usia.

Direktur Klinik Surya Medika PKU Muhammadiyah Sumbawa dr. Yogi Triatmakusuma dalam sambutannya mengatakan, Indonesia dan Kabupaten Sumbawa pada khusunya berdasarkan data BNN 2015-2016 masuk dalam status darurat narkoba, dan sepanjang tahun tersebut sudah ada sekitar 42.429 orang yang direhabilitasi, dan sebanyak 1.015 kasus terungkap. Atas dasar itu,  Muhammadiyah melaksanakan acara jalan sehat dan seminar terbuka yang bertema “Sumbawa Hebat Tanpa Narkoba” dengan narasumber dr. Komang Triana Arya, Sp.KJ dan AKBP Syirajuddin Mahmud, dengan jumlah peserta sebanyak 700 orang.

Lebih lanjut dijelaskan bahwa Klinik Surya Medika bersama BNN  akan bekerjasama merehabilitasi rawat jalan penyalahgunaan narkoba di Klinik Surya Medika didampingi oleh dokter dan perawat yang terlatih. ”Kami akan melayani rehabilitasi rawat jalan penyalahgunaan narkoba,” terangnya.

Ditempat yang sama, Pimpinan Daerah Muhammadiyah Sumbawa Drs. H. Naziruddin, M.Si dalam sambutannya menyatakan, kondisi Muhammdiyah Sumbawa saat ini, dimana  perserikatan Muhammdiyah sudah melakukan amal usaha antara lain telah didirikannya 12 TK, 3 SD, 3 SMP, 3 SMA, 1 MBS di Kecamatan Maronge, Panti Asuhan 1 unit, Pondok Tahfizd 1 unit dan Klinik PKU 1 unit dengan jumlah cabang (tingkat kecamatan) 18 cabang dan ranting Tingkat Desa/Dusun sebanyak 47. ”Pembangunan Klinik Surya Medika tidak akan terwujud kalau tidak ada dukungan yang luar biasa dari Universitas Muhammadiyah Malang. Supaya Klinik ini makin eksis lagi, mohon kepada pak Rektor UMM jangan didiamkan bantuannya, dilanjutkan terus, karena ada beberapa ruangan yang belum bisa dipakai, karena bantuannya belum cukup,” tukasnya.

Rektor Universitas Muhammadiyah Malang Drs H Fauzan MPd menuturkan, pihaknya ingin berbagi dalam mensejahterakan dan meningkatkan kesehatan masyarakat yakni membangun Klinik Surya Medika yang ada di Sumbawa. Telah banyak usaha yang dilakukan oleh Universitas Muhammadiyah Malang, dan itu tersebar diberbagai daerah, termasuk di Sumbawa ini. ”Semua kita perlakukan sama, yakni apabila itu menunjukkan gerakan positif dan masyarakat sekitarnya akan bisa memperoleh manfaat, maka kenapa tidak untuk kita lakukan penindakannya,” tuturnya.

Sementara Bupati Sumbawa dalam sambutannya yang dibacakan oleh Staf Ahli Bupati Bidang Pemerintahan Hukum dan Politik H Burhan SH MH menyampaikan bahwa Muhammadiyah diusianya yang ke-108 tahun, berdasarkan penanggalan 8 Dzulhijah 1438 H, telah mampu bertahan dan berkembang dengan melewati suka dan duka hingga semakin menjadi matang, dewasa, cerdas, bijaksana, dan mampu menghadirkan pemikiran dan amaliah berkemajuan. Muhammadiyah bermuhasabah atas kekurangan dan kelemahan, maka selayaknya milad dijadikan momentum untuk melakukan perubahan-perubahan transformatif.

Menurutnya, saat ini semakin berkembangnya fasilitas pelayanan kesehatan dan juga sarana pendidikan Muhammadiyah yang ditujukan bagi semua golongan masyarakat. Sehingga diharapkan Milad ke-108 Muhammadiyah dan Klinik Surya Medika yang ke 1 tahun semakin maju dan unggul serta memberi makna dalam membangun peradaban umat, bangsa, dan kemanusiaan universal yang rahmatan lil-‘alamin dalam naungan rahman dan rahim Allah SWT dan juga diharapkan dapat meningkatkan akses masyarakat Kabupaten Sumbawa terhadap pelayanan kesehatan yang berkualitas, dengan berperan meningkatkan derajat kesehatan, menurunkan angka kesakitan masyarakat, dan dapat berperan dalam menurunkan angka kematian ibu dan angka kematian anak, serta dapat berperan membuka lapangan pekerjaan bagi putra daerah yang berprofesi sebagai tenaga kesehatan bagi dokter, dokter gigi, perawat, bidan dan tenaga kesehatan lainnya. “Saya melihat para warga, kader, dan pimpinan muhammadiyah di seluruh tingkatan, termasuk di amal usaha dan jamaah, semakin memperkuat komitmen dalam bermuhammadiyah untuk berdakwah dan bertajdid sesuai dengan potensi dan kekuatan yang dimiliki bermodalkan keikhlasan, pengkhidmatan, dan militansi keislaman untuk meraih ridha dan karunia Allah SWT,” ujarnya.

Dalam kegiatan itu hadir pula Kepala BNN Kabupaten Sumbawa, Waka Polres Sumbawa, Pimpinan Daerah Muhammadiyah, serta masyarakat peserta jalan sehat dan seminar Sumbawa Hebat Tanpa Narkoba. Setelah jalan sehat dan seminar dilaksanakan, dilanjutkan dengan pembagian doorprise bagi para peserta. (KS/Adm)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Share post:

iklan DPRD iklan caleg

Populer

More like this
Related

Pelayanan CT Scan RSUD Sumbawa Dialihkan ke RSMA

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com - Pelayanan Computed Tomography Scan atau...

Pembangunan Lanjutan RSUD Sumbawa Segera Dikerjakan

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com - Lanjutan pembangunan Rumah Sakit Umum...

Jumlah Peserta PBI Kabupaten Sumbawa Meningkat Setelah UHC

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com - Universal Health Coverage (UHC) merupakan...

IND 2024, PPNI Apresiasi Dedikasi Perawat di KSB

Sumbawa Barat, Kabarsumbawa.com - International Nurses Day (IND) atau...