Minimalisir Kasus TKI, Proses Pengawasan Harus Dioptimalkan

Date:

Lalu Budi KETUA DPRD SBW
L. Budi Suryata SP
Ketua DPRD Sumbawa

Sumbawa Besar, Kabar Sumbawa–Akhir-akhir ini beberapa TKI asal NTB yang bekerja di luar negeri didera berbagai kasus, seperti ancaman hukuman mati, isu terjadinya pengambilan organ tubuh, serta beberapa kasus lainnya.  Menyikapi kondisi tersebut Ketua DPRD Sumbawa, Lalu Budi Suryata, SP menyatakan prihatin dan meminta kepada pemerintah daerah melalui dinas terkait untuk lebih teliti dalam melakukan proses verifikasi data dan pengawasan TKI yang akan diberangkatkan.

Dikatakan Budi, TKI merupakan potensi penyumbang pendapatan daerah yang cukup besar. Sehingga pengawasan dan perlindungannya harus berbanding lurus dengan jasa yang diberikan.  Bahka pemerintah provinsi dan kabupaten diharapkan untuk melakukan pengawasan yang lebih ketat.

“Kalaupun TKI tersebut bekerja sebagai asisten rumah tangga, proses rekrutmennya juga harus bagus. Baik menyangkut pemahaman bahasa maupun profesionalitasnya, jangan lagi ada manipulasi data apalagi terkait umur, domisili maupun data penunjang lainnya ” ujar Budi.
Terkait adanya 69 TKI asal Sumbawa yang belum lama ini ditunda pengurusan visanya oleh Kantor Imigrasi,  dinas terkait diminta untuk lebih teliti dan jeli dalam melakukan verifikasi data.
“Ini menjadi tanggung jawab pemerintah dalam hal rekruitmen, penempatan dan kepulangannya ke tanah air. Tidak boleh lagi terjadi pemalsuan data. Karena rekrutmen menjadi penentu terhadap penempatan TKI. Jika proses rekruitmennya bagus, maka dipastikan dapat meminimalisir terjadinya kasus,” tandas Budi. (KS/YDS)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Share post:

iklan DPRD iklan caleg

Populer

More like this
Related

Dua Instruktur BLK Sumbawa Juara KKIN IX Regional Wilayah Barat 3, Satu Tembus Nasional

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com - Prestasi gemilang diraih oleh Dua...

Pelayanan CT Scan RSUD Sumbawa Dialihkan ke RSMA

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com - Pelayanan Computed Tomography Scan atau...

Wabup Beri Penjelasan Kasus Pengadaan Masker yang Seret Namanya

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com - Kasus dugaan korupsi pengadaan masker...

Pemkab Sumbawa Pastikan Pengadaan Lahan Samota Tidak Sia-Sia

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com - Pemerintah Kabupaten Sumbawa telah melakukan...