Mindful Ramadhan 1445 H: 10 Malam Menjelang Raya

Date:

Kabarsumbawa.com – Semoga Allah senantiasa memberikan semangat dan kekuatan dalam menjalani ibadah puasa pada tahun ini. Semoga keimanan dan pengharapan atas pahala agung dari-Nya senantiasa tertanam dalam jiwa. Rasulullah bersabda yang artinya:
“Barang siapa berpuasa pada bulan Ramadhan dengan penuh keimanan dan pengharapan pahala pada sisi Allah, maka Allah akan mengampuni dosa-dosanya yang telah lalu.” (HR. Bukhari No. 2014)

Hadits yang diriwayatkan oleh Bukhari yang merupakan hadits raajih (jelas) yang dimana memiliki tingkatan yang paling tinggi dari riwayat lainnya telah memaparkan kepada kita bahwasanya Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam telah menyampaikan ganjaran bagi orang yang berpuasa dengan 2 (dua) syarat yaitu pertama keimanan, dan yang kedua adalah mengharap pahala dari melaksanakannya.
Ibadah puasa merupakan salah satu rukun Islam yang diwajibkan kepada kaum muslimin untuk menunaikannya. Uniknya, ibadah ini merupakan ibadah yang tidak hanya dilaksanakan oleh ummat Nabi Muhammad saja, namun ia juga sudah dilaksanakan oleh kaum sebelum Islam. Hal ini dibuktikan dengan firman Allah ‘azza wa jalla yang artinya:
“Wahai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kalian agar kamu bertakwa.” (QS. Al-Baqarah: 183)

Ulva Hiliyatur Rosida, S.H., M.H.
Ulva Hiliyatur Rosida, S.H., M.H. – Dosen, Kepala Pusat Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (P3M) STAI NW Samawa, Founder Hamaasa Institute, Penulis Buku dan 501 Judul Artikel, Pembicara pada Forum Nasional dan Internasional, Penggiat Komunitas One Week One Book dan One Day One Post.

Selang beberapa hari lagi Ramadhan 1445 H akan berlalu, jeda beberapa saat lagi Ramadhan akan meninggalkan kita. Sudahkah kita memaksimalkan sisa waktu yang ada? Sudahkah kita mempersiapkan 10 hari dan malam terakhirnya? Bulan puasa adalah bulan yang penuh maghfiroh ini merupakan bulan yang di dalamnya terdapat banyak keistimewaan, salah satunya adalah “Lailatul Qodr.” Allah subhaanahu wa ta’ala berfirman:
“Sesungguhnya Kami telah menurunkan (Al-Qur’an) pada malam Qadr. Dan tahukah kamu apakah malam kemuliaan itu? Malam kemuliaan itu lebih baik daripada seribu bulan.” (QS. Al-Qadr: 1-3)

Ayat di atas menunjukkan bahwa Lailatul Qodr adalah malam Nuzulul Qur’an (turun Al-Qur’an) dan merupakan malam kemuliaan yang mana lebih baik daripada seribu bulan. Wah, luar biasa bukan?! MasyaAllah Tabaarokallah! Sejatinya tidakkah kita merugi jika kita melewatkannya dengan hanya rebahan, bermain gadget, dan hanya sibuk mencari baju lebaran dari satu toko ke toko yang lain sepanjang hari? Kita harus selalu ingat bahwa puasa adalah menahan diri dari rasa lapar dan haus, dan bukan menahan diri dari berbuat baik serta hal positif lainnya.

Berbagai macam bentuk amalan yang dapat dilakukan ketika bulan Ramadhan khususnya pada 10 (sepuluh) hari menjelang hari raya, diantaranya:
I’tikaf (berdiam diri di Masjid dengan tujuan ibadah).

Memperbanyak membaca Al-Qur’an
Bershadaqah, berinfaq, mengeluarkan zakat fitrah
Memaksimalkan shalat-shalat sunnah
Memperbanyak berdo’a dan memohon ampunan
Berdzikir kepada Allah
Amalan-amalan baik lainnya.
Demikian beberapa hal terkait pengingat diri untuk senantiasa memaksimalkan bulan yang mulia ini, ia hanya datang satu kali dalam satu tahun, maka jangan pernah kita sia-siakan. Semoga dengan tulisan ini, perhatian kita terhadapnya lebih optimal lagi. Semangat beribadah dengan penuh penghayatan dan keikhlasan serta hanya mengharap ridho-Nya. Selamat menyambut Hari yang Fitri dengan kebahagiaan dan kesuksesan ibadah. Semoga Allah mempertemukan kita kembali dengan bulan istimewa ini pada tahun-tahun selanjutnya. Kesehatan dan keselamatan tetap tercurahkan kepada diri dan keluarga Aamiin Allahumma Aamiin.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Share post:

iklan DPRD iklan caleg

Populer

More like this
Related

Avian Brands Peduli : Melukiskan Masa Depan Cerah Anak di NTB

Mataram, Kabarsumbawa.com - Sejalan dengan tanggung jawab sosial terhadap...

Personil Polsek dan Bhayangkari KPL Tano Berbagi Takjil di Pelabuhan

Sumbawa Barat, Kabarsumbawa.com - Personil Polsek dan Bhayangkari KPL...

Sat Lantas Polres Sumbawa Bagikan Takjil pada Pengendara

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com - Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres...

Sambut Ramadan, Kapolres Sumbawa Bersama Anggota Lakukan Wisata Rohani

Sumbawa Besar-NTB, Pelaksanaan apel pagi Personel Polres Sumbawa pagi...