Berhasil Kendalikan Inflasi Daerah, Bulog Bima Dapat Performance Award 2023

Date:

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com – Infalsi masih menjadi isu strategis nasional di tahun 2023. Di mana, komoditi beras menjadi penyumbang terbesarnya.

Dalam upaya mengendalikan inflasi daerah, Bulog Kancab Bima berhasil mencapai prestasi yang sangat luar biasa dengan strategi pengendalian harga pengelolaan stok pangan yang efektif. Langkah-langkah proaktif ini telah memberikan kontribusi positif dalam menstabilkan harga-harga kebutuhan pokok, membantu meredakan tekanan inflasi di pasar.

Sehingga, layak bagi kantor cabang yang dipimpin oleh Kurnia Rahmawati ini, mendapatkan apresiasi positif dari Perum BULOG, yaitu Performance Award kategori Cabang sebagai Kancab Yang Mengalami Harga Stabil Tahun 2023. Reward tersebut diberikan dalam pelaksanaan Rakernas di Jakarta, 17 Januari 2024.

Ditemui di ruang kerjanya, Senin (22/01/2024), Pemimpin Cabang Bulog Bima, Kurnia Rahmawati menjelaskan, sebagai upaya pengendalian inflasi daerah, pihaknya menerapkan berbagai strategi.

Pertama, bersinegri dengan Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Kota Bima dan Kabupaten Dompu. Dalam hal ini, berupaya membanjiri pasar dengan beras SPHP dan komoditi pangan strategis lainnya yang dimiliki Kancab Bima, seperti Gula dan Minyak Goreng. Harapannya adalah ketersediaan pangan murah di pasar tersedia cukup dan harga cepat stabil.

“Tercatat selama tahun 2023, Kancab Bima telah berpartisipasi dalam pelaksanaan Pasar Murah yang diselenggarakan oleh TPID kota Bima setiap hari Selasa dan Kamis di Kelurahan-Kelurahan yang dilakukan secara rutin dari bulan Oktober sampai Desember 2023, sebagai upaya mendekatkan masyarakat dengan pangan murah,” jelasnya.

“Selain itu, juga dilaksanakan di Kabupaten Bima setiap Rabu dan Jumat di beberapa titik di Desa, dan di Kabupaten Dompu dengan lokasi di Kantor Camat,” tambahnya.

Kedua lanjut Nia, pihaknya bersinergi dengan Dinas Ketahanan Pangan (DKP) setempat dalam pelaksanaan Gerakan Pangan Murah (GPM). Beras SPHP juga dapat diakses dengan mudah di Pasar-pasar strategis di Kota Bima, Kab.Bima dan Kab. Dompu melalui 102 jaringan pengecer Kancab Bima.

Menurutnya, stabilnya harga di wilayah kerja Kancab Bima juga tidak terlepas dari dampak pelaksanaan Program Bantuan Pangan Beras yang diberikan kepada 97.645 Penerima Bantuan Pangan (PBP) sebanyak 10kg/PBP. Program ini dilaksanakan pada bulan Maret-Mei 2023 dan bulan September – Desember 2023.

“Alhamdulillah, kami mengucapkan terimakasih kepada Bapak PJ. Walikota Bima bersama jajaran Pemkot Bima, Ibu Bupati Bima beserta jajaran Pemkab Bima dan Bapak Bupati Dompu beserta jajaran Pemkab Dompu, sehingga ikhtiar bersama dalam menjaga stabilisasi harga, mendapatkan Semoga harga stabil ini tetap bisa terjaga di tahun 2024 ini,” demikian Kurnia. (KS)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Share post:

iklan DPRD iklan caleg

Populer

More like this
Related

Mudik Lebaran 2024 Jatimbalinus, Konsumsi Pertamax Series Naik 26,3%

Kabarsumbawa.com - Selama periode arus mudik tanggal 25 Maret...

Masa Idul Fitri, Pertamina Patra Niaga Siapkan 250 Ribu Tabung LPG di NTB

Mataram, Kabarsumbawa.com - Guna menambah rasa aman dan nyaman...

Pertamina Patra Niaga Bersama BPH Migas dan ESDM Pastikan Kesiapan Energi Jelang Idulfitri di NTB

Mataram, Kabarsumbawa.com – Dalam rangka memantau kesiapan dan kehandalan...

Pertamina Patra Niaga Pastikan Penyaluran Energi Tetap Aman Pasca Gempa di Dompu

Dompu, Kabarsumbawa.com – Pasca Gempa Bumi bermagnitude 5,2 SR...