Dandim 1604/Kupang Ajak Masyarakat Dalam Kegiatan Karya Bakti Pengangkatan Sampah Di Selokan

Date:

KOTA KUPANG, Kabarsumbawa.com – Dalam upaya menjaga kebersihan lingkungan dan menghadapi musim hujan agar terhindar dari potensi banjir, Dandim 1604/Kupang Kolonel Inf Wiwit Jalu Wibowo turut mengajak instansi terkait dan masyarakat setempat dalam kegiatan karya bakti pengangkatan sampah di selokan. Jumat, 08 Desember 2023

Kegiatan ini dilaksanakan di Kelurahan Oesapa, Kecamatan Kelapa Lima Kota Kupang. Dalam keterlibatan ini, Dandim berhasil mengumpulkan berbagai pihak, yang dipimpin oleh Dandim 1604/Kupang, Kolonel Inf. Wiwit Jalu Wibowo, diikuti oleh personil TNI Jajaran Korem 161/WS, Kodim 1604/ Kupang, Brigif 21/Komodo, Yonif 743/PSY, Yon Armed 20/BY, Yon Arhanud 9/AWJ, Sat Brimobda Polda NTT, Polsek Kelapa Lima, ASN Pemda Kota Kupang, Persit Jajaran Kodim 1604/Kupang, HIPAKAD, Mahasiswa, Siswa SMK Pelayaran Kota Kupang, dan Warga masyarakat sekitar ± 3000 orang.

Baca juga:  Koramil 06/Lape Tebar 1.000 Bibit Pohon Asam di Wilayah Tandus

Selain instansi terkait, kegiatan ini juga melibatkan partisipasi aktif dari masyarakat setempat. Sinergi dan kerjasama yang baik antara pihak militer, aparat kepolisian, organisasi kemanusiaan, dan warga masyarakat menjadi bukti nyata komitmen bersama untuk meningkatkan kualitas hidup dan menjaga kebersihan lingkungan.

Dandim 1604/Kupang menyampaikan Kegiatan Karya Bakti yang dilaksanakan secara serentak di seluruh satuan jajaran TNI Angkatan Darat ini, merupakan tindak lanjut dari instruksi Kepala Staf Angkatan Darat, sebagai wujud nyata kepedulian TNI AD, Korem 161/Wira Sakti, guna mendukung Pemerintah Daerah dalam rangka pembersihan lingkungan dan reboisasi atau penanaman pohon kembali, sebagai upaya mengantisipasi dan mencegah terjadinya musibah banjir di wilayah dalam musim penghujan saat ini.

Salah satu penyebab utama terjadinya bencana banjir dan wabah penyakit pada saat musim penghujan, adalah kurang adanya kesadaran dan kepedulian masyarakat tentang pentingnya menjaga kebersihan dan keasrian lingkungan.

Baca juga:  Koramil 06/Lape Tebar 1.000 Bibit Pohon Asam di Wilayah Tandus

Secara umum masih banyak masyarakat yang membuang sampah tidak pada tempatnya, terutama menumpukan sampah di tempat aliran aliran air, kali dan sungai.

Kesadaran dan kepedulian menjaga kebersihan dan keasrian lingkungan perlu senantiasa dibangun sejak dini di tengah kehidupan sosial masyarakat. Untuk itulah kegiatan karya bakti ini juga penting dilaksanakan, guna memotivasi adanya kesadaran dan kepedulian masyarakat dalam menjaga kebersihan dan keasrian lingkungan di sekitarnya.

“Akhirnya saya mengajak seluruh komponen masyarakat Nusa Tenggara Timur khususnya Kota Kupang, mari kita satukan komitmen untuk senantiasa menjaga kebersihan dan keasrian lingkungan di sekitar kita, jadikan Kupang sebagai Kota Kasih yang Green and Clean,” ajaknya. (KS)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Share post:

iklan DPRD iklan caleg

Populer

More like this
Related

Koramil 06/Lape Tebar 1.000 Bibit Pohon Asam di Wilayah Tandus

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com -  Koramil 1607-06/Lape, yang dipimpin oleh...

Momen Idul Adha 1445 H, Polres Sumbawa Potong Puluhan Ekor Hewan Kurban

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com - Momentum di Hari Raya Idul...

Satuan Polairud Polres Sumbawa Peringati World Oceans Day 2024

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com - Hari Laut Sedunia atau World...

Sat Pol Airud Polres Sumbawa Baksos Di Pantai Kencana

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com - Satuan Kepolisian Perairan dan Udara...