Diduga Keracunan, 5 Kerbau dan 1 Kera Ditemukan Mati di Bendungan Mamak

Date:

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com – Sedikitnya 5 ekor kerbau milik warga dan 1 ekor kera ditemukan mati di Bendungan Mamak, Desa Mamak, Kecamatan Lopok. Saat ini, Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (Disnakeswan) Sumbawa tengah menunggu hadil uji laboratoriun untuk memastikan penyebab kematiannya.

Kepala Disnakeswan Sumbawa, H. Junaidi dikonfirmasi, Kamis (19/10/2023) pagi, membenarkan.

Dijelaskan, UPT. Puskeswan Lape bersama Perangkat Desa Mamak dan pemilik ternak telah melakukan investigasi atas adanya laporan kematian ternak pada tanggal 17 Oktober 2023. Ditemukan ternak berjumlah 5 ekor kerbau dan 1 ekor kera dalam keadaan mati di wilayah Orong Rea yang berlokasi di dalam kawasan Bendungan Mamak dengan radius sekitar 200 m dari sumber kubangan air.

Baca juga:  2 Unit Rumah Semi Permanen Hangus Terbakar Gegara Kompor Gas Bocor

“Ke 5 bangkai ternak sudah dalam keadaan membusuk dengan moncong dan rektum sudah tidak utuh termakan belatung dan anjing liar,” ujarnya.

Berdasarkan pengamatan pada bangkai ternak lanjutnya, kondisi ternak yang mati sudah lebih dari 48 jam. Sehingga tidak dapat dilakukan pengambilan sampel darah, dan tidak ditemukan bekas adanya darah dari lubang alami dan dapat teramati hanya lubang telinga yang mencirikan penyakit PHMS tertentu (anthrax).

Lanjutnya, di sekitar lokasi bendungan ditemukan beberapa botol insectisida yang menurut keterangan masyarakat seringkali digunakan orang yang tidak bertanggungjawab untuk mengambil umpan berupa udang dan untuk menangkap ikan.

Baca juga:  Seorang Pemancing Dilaporkan Tenggelam

“Kesimpulan sementara investigasi terhadap bangkai ternak yg mati di sekitar Orong Rea diduga karena keracunan air minum. Hal ini sesuai dengan kondisi kematian ternak kerbau sebanyak 5 ekor dan 1 ekor kera pada lokasi yang sama dengan radius yang berdekatan secara serempak. Untuk peneguhan diagnosa telah dilakukan pengambilan sampel air dari seluruh kubangan air yg tersisa untuk dilakukan pengujian lab,” pungkasnya. (KS)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Share post:

iklan DPRD iklan caleg

Populer

More like this
Related

Seorang Pemancing Dilaporkan Tenggelam

Lombok Barat, Kabarsumbawa.com - Seorang lelaki asal Dusun Dusun...

2 Unit Rumah Semi Permanen Hangus Terbakar Gegara Kompor Gas Bocor

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com - Dua unit rumah semi permanen...

Sebuah Rumah di Uma Sima Hangus Terbakar

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com - Kebakaran hebat terjadi di Jalan...

Seorang Pengendara Meninggal Dunia Setelah Jatuh ke Jurang

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com - Seorang pengendara sepeda motor meninggal...