SYAS 2023 di Desa Kakiang Berakhir Sukses, Pengabdian Hingga Bangkitkan Budaya Sumbawa

Date:

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com – Pengabdian 30 orang peserta Sasambo Youth Action & Summit (SYAS) 2023 di Desa Kakiang, Kecamatan Moyo Hilir berakhir dengan sukses. Festival Budaya Kakiang merupakan rangkaian terakhir dari kegiatan nasional yang diselenggakaran oleh Komunitas Sasambo Yout Education Nusa Tenggara Barat (NTB) tersebut.

Festival Budaya Kakiang digelar, Kamis (12/10/2023) sore di lapangan sepak bola desa setempat. Kegiatan menyajikan berbagai pagelaran budaya seperti tarian khas, karaci, ngumang, dan beberapa pertujukan budaya lainnya.

Kegiatan dihadiri oleh Bupati Sumbawa diwakili Kadis Damkartan sekaligus sesepuh Desa Kakiang, H. Sahabuddin, S.Sos., M.Si., Pembina Yayasan Wakaf Al Amin, Faunder Sasambo Youth Education NTB, Kepala Desa Kakiang, Tokah Agama, Masyarakat, Pemuda, serta warga setempat.

Penyerahan Cindra Mata oleh Founder Sasamobo Youth Education NTB kepada Sesepuh Desa kakiang

Ketua Pelaksana SYAS 2023 Arasyladunova De Tuasa menjelaskan, SYAS 2023 merupakan rangkaian kegiatan nasional yang dilaksanakan oleh Komunitas Sasambo Yout Education NTB.  Ini merupakan kegiatan nasional ke 2 selama 3 tahun terbentuknya komunitas. Pertama di Desa Sempe, kemudian kedua di Desa Kakiang.

Baca juga:  Koramil 06/Lape Tebar 1.000 Bibit Pohon Asam di Wilayah Tandus

Dijelaskan rangkaian kegiatan SYAS 2023 salah satunya festival budaya. Kemudian, seminar nasional menghadirkan tiga narasumber, pengabdian dibidang Pendidikan, ekonomi social, kesehatan, pariwisata dan budaya, serta pendidikan teknologi.

Disebutkan, peserta SYAS 2023 ini terdiri dari 30 orang mahasiswa perguruan tinggi diri berbagai daerah di Indonesia. Sebelumnya, mereka telah mengikuti seleksi yang cukup ketat untuk mengikuti pengabdian selama satu minggu, mulai tanggal 07 Oktober 2023 di Desa Kakiang ini.

“Dari 200 orang yang mendaftar kita seleksi menjadi 30 orang. Mereka kita seleksi melalui essay dan program kerjanya,” ujarnya.

Menurutnya, kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan peran generasi muda menjadi agen perubahan, agen inovasi, serta mampu berkolaborasi. Kemudian, pelaksanaan fetival budaya ini, dapat mengangkat kembali citra Kakiang sebagai desa budaya yang harus dilestarikan. Sehingga, ke depan budaya Sumbawa bisa dikenal lebih luas, baik nasional maupun internasional.

Baca juga:  Koramil 06/Lape Tebar 1.000 Bibit Pohon Asam di Wilayah Tandus

“Kami sangat berterima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung kegiatan ini. Terkhsus kepada Pemerintah Desa Kakiang, dan masyarakat yang selama ini telah menerima keberadaan kami disini. Kami berharap, apa yang telah kita laksanakan ini dapat terus berlanjut,” harapnya.

Peserta SYAS 2023 Desa Kakiang

Sementara itu, Kepala Desa Kakiang, Aminollah menyampaikan rasa syukur atas terlaksanannya kegiatan ini. Ia berharap, SYAS membawah berkah terutama dapat membangkitkan budaya yang ada di desa, termasuk menggerakan UMKM yang ada.

“Kami bangga dan bersyur kegiatan ini terselenggara di desa kami, semoga kedepannya dapat terselenggara lagi disini dan membawah berkah bagi kita semua,” pungkasnya. (KS)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Share post:

iklan DPRD iklan caleg

Populer

More like this
Related

Koramil 06/Lape Tebar 1.000 Bibit Pohon Asam di Wilayah Tandus

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com -  Koramil 1607-06/Lape, yang dipimpin oleh...

Momen Idul Adha 1445 H, Polres Sumbawa Potong Puluhan Ekor Hewan Kurban

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com - Momentum di Hari Raya Idul...

Satuan Polairud Polres Sumbawa Peringati World Oceans Day 2024

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com - Hari Laut Sedunia atau World...

Sat Pol Airud Polres Sumbawa Baksos Di Pantai Kencana

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com - Satuan Kepolisian Perairan dan Udara...