Pertamina Dukung Bank Sampah di Lombok Tengah

Date:

Lombok Tengah, Kabarsumbawa.com – Komitmen dalam menjalankan program Corporate Social Responsibility (CSR), PT Pertamina Patra Niaga Regional Jatimbalinus melalui Depot Pengisian Pesawat Udara (DPPU) BIL berikan bantuan satu unit motor roda tiga type 150 L dan tiga puluh unit box maggot untuk Kelompok Bank Sampah Al Haqiqi Dusun Reak I Desa Tanak Awu Kecamatan Pujut Kabupaten Lombok Tengah. Bantuan ini diberikan sepagai upaya mendukung dan menunjang operasional bank sampah dalam mengumpulkan sampah yang akan dimanfaatkan menjadi pakan maggot pada Program Kampung Hijau Bank Sampah Al Haqiqi. Bantuan ini diberikan langsung Operation Head DPPU BIL kepada Ketua Kelompok Bank Sampah Al Haqiqi.

“Bantuan ini merupakan bentuk kepedulian Pertamina sebagai bagian dari Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) perusahaan dalam memberdayakan masyarakat sekitar, dalam hal ini program pengelolaan bank sampah yang menjadi binaan perusahaan. Dengan bantuan ini kami harapkan agar segala kegiatan terkait operasional bank sampah menjadi lebih mudah dan cepat, serta kendaraan dan box maggot ini bisa menunjang operasional bank sampah sehingga dapat meningkatkan kinerja lebih baik lagi. Selain itu, harapan kami tentunya kelompok juga bisa merawat kendaraan yang diberikan agar kondisinya tetap baik dan dapat digunakan dalam jangka waktu yang panjang”, terang I Nyoman Ana, Operation Head DPPU BIL.

Secara bertahap, telah cukup banyak bantuan yang diberikan oleh DPPU BIL kepada kelompok bank sampah. Sebelumnya DPPU BIL juga telah memberikan bantuan dua mesin untuk pencacah sampah dan kompos serta gerobak sorong. Kelompok Bank Sampah Al Haqiqi sebagai penerima program ini sangat berterima kasih atas bantuan yang diberikan. Kendaraan pengangkut sampah ini merupakan kendaraan yang cukup penting dalam pengelolaan dan pemanfaatan sampah. Untuk peralatan yang diberikan juga sangat bermanfaat karena menjadi pengganti biopond budidaya maggot mengingat luasan lahan yang kurang.

“Terimakasih atas bantuan kendaraan dan semua dukungan yang telah diberikan Pertamina selama ini. Dengan diberikannya bantuan ini kepada kami akan membuat kami semakin giat lagi dalam melakukan pengolahan sampah dan budidaya maggot serta menjadi semangat baru bagi kami dalam menjemput rejeki dari rumah ke rumah”, ujar Masiani, anggota Kelompok Bank Sampah Al Haqiqi. Bantuan ini nantinya akan dioperasionalkan oleh Kelompok Bank Sampah Al Haqiqi untuk mengangkut sampah organik yang terkumpul baik dimasyarakat maupun dipara pelaku usaha makanan yang ada di sekitar Kecamatan Pujut. Pemerintah Desa Tanak Awu mengapresiasi pemberian bantuan kendaraan dan peralatan ini karena kendaraan ini menjadi solusi bagi terciptanya lingkungan Desa yang asri dan bebas dari timbunan sampah dijalanan.

Area Manager Comm., Rel. & CSR PT Pertamina Patra Niaga Regional Jatimbalinus, Ahad Rahedi menjelaskan pelaksanaan program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) Pertamina sejalan dengan penerapan Environment, Social & Governance (ESG) dan Sustainability Development Goals (SDGs) dengan semangat Energizing Community. Pertamina selalu berupaya seimbang dalam menjalankan bisnis perusahaan. Demi menjaga kesinambungan bisnis perusahaan, Pertamina juga berupaya mengembangkan program TJSL terutama di sekitar wilayah operasional perusahaan.

“Program Bank Sampah ini sudah memasuki tahun ketiga pembinaan sejak tahun 2021 dan merupakan salah satu bentuk komitmen Pertamina untuk mendukung pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB) atau Sustainable Development Goals (SDGs), khususnya tujuan ke-11 yakni kota dan pemukiman yang berkelanjutan. Dengan adanya program ini, diharapkan akhirnya dapat membantu meningkatkan kualitas lingkungan dan tentunya juga pendapatan masyarakat melalui penjualan produk hasil olahan bank sampah”, tutup Ahad. (KS)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Share post:

iklan DPRD iklan caleg

Populer

More like this
Related

Masyarakat Sumbawa Kini Bisa Umroh Dulu, Bayar Belakangan

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com - Kabar baik bagi masyarakat Kabupaten...

Bulog Sudah Serap Jagung di Sumbawa Sejak 1 Mei 2024, Berikut Daftar Mitranya

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com - Perum Bulog Kancab Sumbawa telah...

Pertamina Siapkan 11.900 KL Avtur Khusus Penerbangan Haji 2024

Surabaya, Kabarsumbawa.com - Pertamina Patra Niaga Jatimbalinus menyiapkan total...

Stabilkan Harga Jagung, Bulog Bima Terapkan Dua Skema Pembelian

Bima, Kabarsumbawa.com – Perum Badan Urusan Logistik (Bulog) Cabang...