Sepat, Kuliner Unik Khas Sumbawa yang Memikat Selera

Date:

Penulis : Irmaliya Izzah Salsabilla – Mahasiswa PBSI UNSA

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com – Sepat merupakan salah satu kuliner khas masyarakat Sumbawa. Sepat memiliki cita rasa yang unik kerena dibuat dari bumbum dan bahan serba dibakar.

Makanan sepat ini sangat diminati apalagi ketika bulan puasa. Masyarakat Sumbawa biasanya menyajikan sepat sebagai menu berbuka puasa.

Tidak sulit untuk menikmati makanan satu ini. Banyak rumah makan yang menyediakan Sepat menjadi menu andalan yang menjadi idola para pengunjungnya.

Selain di rumah makan, Sepat juga bisa dibuat dir rumah sendiri. Bumbu dan bahannya pun sangat mudah di dapat. Seperti belimbing wuluh, mangga muda, kemiri, bawang merah, tomat, dan terong dan ikan bakar. Untuk ikannya bisa menggunakan ikan laut maupun ikan air tawar.

Untuk menambah cita rasanya, bisa menambahkan daun ruku-ruku dan perasan Jeruk Purut atau biasa disebut oleh masyarakat Sumbawa Monte.

Cara membuatnya, semua bahan di bakar kecuali belimbing wuluh dan mangga muda. Setelah dibakar, blimbing wuluh dan mangga muda diiris tipis. Sedangkan terong bisa diiris sesuai selera. Kemudian haluskan kemiri, bawang merah, dan tomat yang telah dibakar, ulek kasar juga belimbing wuluh.

Setelah semuanya siap, masukkan bahan-bahan tadi kedalam sebuah mangkok dan disiram dengan air biasa atau bisa juga dengan air hangat.

Kemudian ikan yang sudah dibakar bisa dicelupkan utuh ataupun dipotong-potong sedang. Lebih enak disantap dengan tambahan mikerupuk kulit.

Disajikan dengan nasi hangat sepat ini sangat cocok disantap pada siang hari. Karena tidak mengandung lemak dan minyak, makanan yang tidak berkolesterol ini juga cocok dimakan jika badan terasa kurang sehat.

Nah, apakah kamu tertarik untuk mecicipi Sepat? Ayo ke Sumbawa!. (KS)

Artikel di atas dimuat untuk memenuhi tugas kuliah penulis. Jika ada hal yang ingin ditanyakan berkaitan artikel dimaksud, bisa menghubungi penulis melalui nomor kontak berikut ini 082340845651.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Share post:

iklan DPRD iklan caleg

Populer

More like this
Related

Semarak HUT ke 78 RI di RW 06 Kelurahan Brang Bara

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com – Warga RW 06 Kelurahan Brang...

“Jumat Berbagi Bakulers Sumbawa” Berkah Bagi Ojek hingga Tukang Rongsokan

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com – Kegiatan “Jumat Berbagi” yang rutin...

Belasan Titik Longsor di Ruas Jalan Pelita – Baturotok

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com - Intensitas hujan yang cukup tinggi...

Wisata Unik Air Terjun Ai Beling di Desa Sempe

Penulis : Okky Defiany - Mahasiswa PBSI UNSA Sumbawa Besar,...