Wisata Unik Air Terjun Ai Beling di Desa Sempe

Date:

Penulis : Okky Defiany – Mahasiswa PBSI UNSA

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com – Berbicara tentang objek wisata air terjun di Kabupaten Sumbawa, terdapat air terjun yang unik karena namanya. Ai beling sebutannya, jika diterjemahkan ke Bahasa Indonesia maka berarti air bicara. Suara air yang mengalir dengan deras inilah alasan mengapa dinamakan Ai Beling. Air terjun ini terletak di Desa Sempe, Kecamatan Moyo Hulu, Kabupaten Sumbawa.

Untuk menuju ke objek wisata ini pengunjung bisa mengendarai motor dengan menempuh jarak kurang lebih 1,5 jam. Selama diperjalanan, pengunjung akan disuguhkan dengan hutan dan perbukitan hijau ditambah lagi dengan angin sepoi-sepoi. Jangan khawatir, walaupun jalannya ekstrim ada tanjakan tajam tetap aman kok karena jalan sudah teraspal cukup baik.

Nah, ketika pengunjung sudah melewati jembatan yang air sungainya jernih itu tak lama lagi terdengar suara gemuruh air yang mengalir dengan deras. Jalan masuk awal memang kurang baik karena masih bebatuan, suasana yang sejuk karena masih alami yang akan membuat perjalanan kalian menuju air terjun tak terasa.

Yakin deh… perjalananmu tidak akan sia-sia karena langsung terobati dengan pesona ai beling ini. Ingat ya, jangan berkunjung di musim kemarau karena kalian akan mendapatkan hasil zonk. Di musim penghujan pun, kalian harus tetap berhati-hati karena kondisi cuaca yang buruk dan jalan licin jauh dari permukiman warga.

Sesampainya di lokasi air terjun, pengunjung akan disambut dengan suara air yang mengalir deras dari celah bebatuan. Pengunjung harus turun melalui anak tangga dan di sana juga sudah disediakan tempat duduk (beruga). Ai beling ini memang memiliki keunikan sendiri selain namanya dan airnya yang dingin, ai beling ini terletak di dataran tanah miring bukan di tebing terjal. Dijamin kalian betah berada di air terjun satu ini.

Eittss…. jangan lupa abadikan foto kalian ya di depan tirai Air Terjun Ai Beling sebagai koleksi foto instagramabelmu. Ikon air terjun paling hitz di Sumbawa, kuy berkunjung di Air Terjun Ai Beling biar jadi anak hitz. (KS)

Artikel di atas dimuat untuk memenuhi tugas kuliah penulis. Jika ada hal yang ingin ditanyakan berkiatan arikel dimaksud, bisa menghubungi penulis melalui nomor kontak berikut +62 877-5462-9136.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Share post:

iklan DPRD iklan caleg

Populer

More like this
Related

Trabas JAS #2 2024: Kebas Seloto Siapkan Jalur Petualangan Aman dan Menarik

Sumbawa Barat, Kabarsumbawa.com - NTB akan menjadi saksi pelaksanaan...

Semarak HUT ke 78 RI di RW 06 Kelurahan Brang Bara

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com – Warga RW 06 Kelurahan Brang...

Pesona Tersembunyi Sumbawa: Eksplorasi Keindahan Pulau Moyo

Kabarsumbawa.com - Indonesia adalah surga bagi para pecinta wisata...

Kabupaten Sumbawa Kembali Gelar Festival Melala, Puluhan Sandro Unjuk Kebolehan

Sumbawa besar, kabarsumbawa.com – Setelah pandemi covid-19, Kabupaten Sumbawa...