KPU NTB Sosialisasikan Penyelesaian Sengketa Pemilu

Date:

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) menggelar Sosialisasi Regulasi Peraturan KPU Nomor 25 Tahun 2013 tentang Sengketa Administrasi dan Sengketa Proses Pemilu 2024.

Kegiatan yang dilaksanakan, Senin (28/11/2022) di Hotel Grand Samawa ini, dihadiri oleh Ketua dan Anggota KPU NTB, Kabag dan Staf Hukum KPU NTB, Ketua dan anggota, serta Kasubag dan Staf Hukum Kabupaten/Kota, Ketua Bawaslu Sumbawa, dan stakeholder terkait.

Ditemui usai kegiatan, Ketua Divisi Hukum dan Pengawasan KPU NTB, Dr. Yan Marli, M.PD.,MM.,PD, mengatakan, kegiatan ini sangat penting dilakukan untuk memberikan pembekalan terkait dengan penanganan pelanggaran admistrasi dan sengketa proses pemilu.

Baca juga:  Buka Pendaftaran Pilkada 2024, Gelora Sumbawa Cari Pasangan BJS

“Kenapa ini penting, kerana memang pada saat ini sedang dalam tahapan. Guna mengantisipasi kemungkinan adanya laporan terhadap pelanggaran administrasi atau pemohonan terhadap sengketa proses, tentu penyelenggera (KPU Kabupaten/Kota) harus diberikan penyegaran kembali hal-hal apa yang menjadi fokus kita. Supaya dalam menghadapi ini, kita sudah siap semua. Betul-betul secara substantif kita siap, bukan hanya secara administratif,” jelasnya kepada wartawan.

Menurutnya, berkaca pada pemilu sebelumnya, kasus-kasus sama sering muncul. Misalnya, terkait dengan sengketa yang dimohonkan oleh para peserta pemulu. Dimana, KPU setiap tahapan mengeluarkan keputusan yang mana keputusan itulah menjadi objek dan dapat disengketakan oleh para peserta pemilu.

Baca juga:  Forum PSDAT Kabupaten Sumbawa Dorong Mitigasi dan Adaptasi Perubahan Iklim

“Apabila surat keputusan dipandang merugikan bagi peserta pemilu, diberikan peluang melakukan upaya hukum,” terangnya.

Untuk itu, ia menekankan kepada seluruh penyelenggara di Kabupaten/Kota se NTB agar berkerja sesuai regulasi yang ada. Memahami substansinya, tugas, dan kewajiban sebagai penyelenggaran pemilu.

“Himbauan kami yang terus kami dengungkan kepada mereka. Kalau sudah memahami tugas dan kewajibannya dalam melaksanakan tahapan ini tentu hasil kerjanya akan dapat dipertanggungjawabkan,” pungkasnya. (KS/aly)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Share post:

iklan DPRD iklan caleg

Populer

More like this
Related

24 Anggota Panwascam Sumbawa Barat Dilantik

Sumbawa Barat, Kabarsumbawa.com -  Sebanyak 24 anggota Panitia Pengawas...

MXGP 2024 di Kabupaten Sumbawa Batal? Begini Kata Wabup

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com - Wakil Bupati Sumbawa Hj. Dewi...

Masa Jabatan 155 Kades dan 915 BPD di Kabupaten Sumbawa Diperpanjang jadi 8 Tahun

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com - 155 orang kepala desa dan...

Forum PSDAT Kabupaten Sumbawa Dorong Mitigasi dan Adaptasi Perubahan Iklim

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com - Rapat Forum Pengelolaan Sumber Daya...