Sederet Fungsi Vitamin D Pada Kehamilan

Date:

kabarsumbawa.com – Ibu hamil membutuhkan kandungan nutrisi yang lebih banyak dari biasanya, termasuk vitamin D. Banyak manfaat vitamin D untuk ibu hamil. Bentuk aktif dari vitamin D terdiri dari dua yaitu vitamin D2 (ergokalsiferol) dan vitamin D3 (kolekalsiferol). Secara garis besar, vitamin D baik vitamin D2 dan vitamin D3 bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Namun, disebutkan bahwa vitamin D3 merupakan bentuk paling alami dari vitamin D.

Vitamin D adalah jenis vitamin yang larut dalam lemak. Perbedaan vitamin D2 dan vitamin D3, terletak dari sumber ditemukannya. Vitamin D3 bersumber dari jenis tumbuh-tumbuhan tertentu, seperti jamur. Sementara, vitamin D3 terbentuk secara alami ketika kulit terkena sinar matahari langsung. Namun, selain itu vitamin D3 juga bisa diperoleh pada makanan yang berasal dari hewan. Di antara seperti ikan laut (salmon, tuna, dan tongkol), minyak ikan dan minyak hati ikan kod, telur, susu dan olahannya (keju dan yoghurt), hati sapi, dan sereal atau jus buah yang mengandung vitamin D3. Selain itu, vitamin D3 bisa diperoleh dari suplemen yang mengandung vitamin D3.

Vitamin D sangat dibutuhkan untuk menunjang penyerapan kalsium, menjaga fungsi otot, membantu pertumbuhan gigi hingga mencegah berat badan lahir redah pada janin. Berikut ini beberapa manfaat vitamin D untuk ibu hamil dan janin :

1. Mendukung pertumbuhan tulang dan bayi
2. Menurunkan resiko kencing manis dalam kehamilan
3. Mengurangi resiko peningkatan tekanan darah tinggi dalam kehamilan
4. Mencegah bayi lahir dengan berat lahir rendah
5. Meningkatkan sistem imun

Penelitian di Jakarta didapatkan 234 bumil pada trimester 1 menunjukan bahwa mayoritas bumil mengalami kekurangan nutrisi termasuk vitamin D (99,6%). (Noroyono W, er al. Med J Indones, Vol.26, No. 2, June 2017).

Penelitian lain di Sumatera Barat yang melibatkan 203 bumil pada trimester 3 menunjukan bahwa 61,25% bumil mengalami kekurangan vitamin D dan 85% tidak memiliki konsumsi harian vitamin D yang cukup. (Aji SA, et al. Asia Pac J Clin Nutr 2018:27(6):1286-1293
Berdasarkan rekomendasi Angka Kecukupan Gizi (AKG) dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia tahun 2019, jumlah asupan vitamin D yang direkomendasikan bagi ibu hamil adalah sekitar 15 mikrogram (mcg) atau 600 IU per harinya. Asupan vitamin D tersebut bisa Bumil peroleh dengan rutin berjemur di bawah sinar matahari pagi dan mengonsumsi makanan yang kaya akan vitamin D. Jika jumlah asupan vitamin D dari makanan tersebut masih dirasa tidak cukup, Bumil bisa mengonsumsi suplemen vitamin D. Namun, konsultasikan terlebih dulu kepada dokter kandungan mengenai jenis dan dosis suplemen vitamin D yang dianjurkan.

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Share post:

iklan DPRD iklan caleg

Populer

More like this
Related

Kabupaten Sumbawa dan KSB Sepakat Kolaborasi Cegah dan Kendalikan Penyakit Malaria

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com – Pemerintah Kabupaten Sumbawa dan Kabupaten...

Kabupaten Sumbawa dan KSB Sepakat Kolaborasi Cegah dan Kendalikan Penyakit Malaria

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com – Pemerintah Kabupaten Sumbawa dan Kabupaten...

Proyek Pembangunan Labkesda Segera Berkontrak

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com - Kabupaten Sumbawa tahun 2024 ini...

Pimpin Apel di RSUD Sumbawa, Sekda : Wujudkan Senyum Salam Sapa

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com – Sekretaris Daerah (Sekda) Sumbawa, Dr....