Opini  

PERAN ORGANISASI KEGURUAN DALAM MENGEMBANGKAN SIKAP PROFESIONALISME GURU UNTUK KEBERHASILAN PENDIDDIKAN

Penulis

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com – Organisasi profesi adalah sebuah wadah yang berisi perkumpulan orang yang memiliki keahlian untuk mendidik saling membantu dalam penyelesaian pendidikan tersebut. Perkumpulan profesi yakni perkumpulan yang sangat penting untuk memajukan suatu bangsa. Terdapat berbagai perkumpulan profesi kependidikan contohnya pgri, mgmp, ispi, ipbi, dan lain Sebagai berikut. Setiap organisasi profesi kependidikan tersebut memiliki visi dan misi, serta tujuannya masing-masing. Tujuan tersebut merupakan, tujuan yang mengarah ke pendidikan yang lebih maju dan berkualitas. Dalam hal ini peran organisasi profesi kependidikan sangatlah penting, utamanya dalam sebuah sistem pendidikan.

Sistem pendidikan sendiri yakni segala unsur ataupun komponen yang saling berkolaborasi untuk mencapai sebuah tujuan tertentu. Pendidikan indonesia telah menempuh perkembangan yang sangat begitu pesat dari waktu sejak, pasca kemerdekaan melalui cara usaha dan kesadaran bangsa akan betapa pentingnya mencerdaskan kehidupan bangsa untuk indonesia yang lebih efektif dan baik tentunya. Mengingat jika sumber daya (SDA), manusia rendah di zaman yang terus bergerak sangat maju, maka akan berakibat pada kemunduran kesejahteraan hidup suatu bangsa dan negara . dari berbagai bidang lebih khusus di bidang ekonomi, yang memang sudah sepantasnya pada suatu sebuah pekerjaan yang sangat membutuhkan sumber daya manusia yang sangat berkualitas.

Baca juga:  Selamat Datang, Caleg Stres !

Pendidikan itu sangat berperan penting, untuk memajukan suatu bangsa. oleh karena itu lahirlah profesi guru sebagai pendidik yang tujuananya, memberikan bimbingan serta arahan bagi pemelajar, agar berada pada jalur yang tepat, dan sesuai tujuan pendidikan yang ada, yakni mencerdaskan bangsa serta meningkatkan sumber daya manusia(SDM) yang sangat berkualitas. Guru akan menjadi profesi yang sangat strategis dan sangat tepat untuk membantu kesulitan yang dihadapi oleh anak bangs, dalam proses pembelajaran, serta membantu mengantarkan anak bangsa menjadi anak yang sangat berguna untuk masarakat serta khalayak pada umumnya.salah satu keberhasilan peserta didik, itu tidak terlepas bagaimana seorang guru, mampu mendidik dengan baik.oleh karena itu sangat penting bagi guru untuk mendidik tersebut.yang perlu di ingat,oleh anak bagsa saat ini keberhasilan itu tidak akan lahir, apabila tidak ada kerja sama serta keseriusan oleh seorang pendidik.maka keberhasilan itu akan terlihat, apabila kita saling mengingatkan dan berjuang serta kerja sama yang baik,antara guru dan pendidik.

Baca juga:  Wahyu Keprabon Hinggapi Bajang

Bicara Profesional guru itu adalah bicara kesadaran,sebab tanpa ada kesadaran yang tumbuh, maka guru tidak akan professional dalam mendidik anak bangsa dengan baik.maka atas dasar itu, guru benar-benar harus profesional dalam mengajar, serta mendidik peserta dengan efektif. Oleh sebab itu akan terlihat sangat baik dan terstuktur, serta memuculkan perubahan apabila guru dan peserta akan terlihat nampak perubahan pendidikan tersebut saling melengkapi untuk menjemput serta terdorong untuk berjuang professional sehingga, pendidikan itu akan terlihat berhasil karena saling bekerja professional. Maka hadir nya wadah organisasi akan membuat kita lebih sangat progresif untuk untuk sama-sama belajar dengan sungguh –sungguh.maka oleh karena itu wadah organisasi pendidikan sangatlah tepat untuk mendidik anak bangsa itu sendiri. Pada intinya suatu perubahan bangsa itu tidak terlepas bagaimana seorang peserta didik akan lebih progresif dalam proses menuntut. (KS)

Penulis : Sarina Pualio dan Lisa Ulandari mahasiswa Fakultas dan jurusan:Universitas Muhamadiyah Mataram,Fakultas Agama islam,Prodi PGMI(Pendidikan guru madrasah ibtidaiyah).

Jika ada hal yang ingin ditanyakan berkaitan dengan artikel di atas dapat menghubungi penulis melalui email : Sarinapualio@gmail.com / Ichaicha95570@gmail.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.