Lama Mati Suri, Porkab Renang Kembali Diselenggarakan

Date:

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com – Persatuan Renang Seluruh Indonesia (PRSI) Sumbawa menggelar Pekan Olahraga Kabupaten (Porkab). Kegiatan diselenggarakan di Kolam Renang Tirta Ganinggara, Dusun Sering, Desa Kerato, Kecamatan Unter Iwes.

Kegiatan yang dilaksanakan semalam dua hari mulai 22 – 23 Oktober ini, dibuka secara resmi oleh Wakil Bupati Sumbawa, Dewi Noviany M.Pd.

Turut hadir, Ketua DPRD sumbawa A. Rafiq SH, Ketua Koni Sumbawa Syamsul Fikri AR. S.Ag M.Si, Ketua PRSI Sumbawa Juniardi AP. ST, S.ST M.Kom, Kasdim 1607/Sumbawa, Perwakilan Polres, Kabag Pembangunan, Kepala Cabang BRI, para pengurus PRSI Sumbawa, para juri, serta para atlit renang.

Ketua PRSI sumbawa, Juniardi AP. ST, S.ST, M.Kom dalam laporannya menyebutkan, terdapat dua agenda yang dilaksanakan, pertama eksebisi diikuti sebanyak 61 orang peserta. Terdiri dari 49 putra dan 21 putri dari siswa Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP).

Kemudian, untuk kegiatan Porkab sendiri, diikuti 35 orang peserta. Terdiri dari 22 putra dan 13 orang putri. Mereka akan berkopetis pada jarak 50 dan 100 meter, terdiri dari 4 gaya, yakni gaya bebas, dada, kupu-kupu dan punggung.

Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Sumbawa, Samsul Fikri, S.Ag., dalam sambutannya menyempaikan, Porkab Renang ini merupakan even terbaik dan terbaru dari PSRI Sumbawa. Pasalnya, sejak tahun 2006 PSRI Sumbawa mati suri.

Baca juga:  2 Seri MXGP Indonesia 2024 Digelar di Pulau Lombok

“Dibawah kepemimpinan saya di KONI, saya katakan harus ada restrukuritasi kepengurusan PRSI agar bisa hidup kembali, bangkit dari tidurnya,” ungkapnya.

Menurutnya, PSRI sangat membutuhkan dukungan dari semua pihak. Baik dari Pemerintah Daerah maupun masyatakat. Untuk itu, dirinya selaku Wakil Ketua DPRD Sumbawa siap mendukung semua program PSRI Sumbawa

“Dukungan pada PRSI ini sangat luar biasa didukung oleh ketua DPRD dan wabup. Ini dua lembaga yang sangat dahsyat. Kalau sudah berbicara Wabup dengan ketua DPRD, selsai kolam renang. Saya dibisiki oleh ketua DPR, ayo kita bantu PRSI,” tandasnya.

Terkait kegiatan Porkab ini, Fikri berharap akan muncul atlet berprestasi dan akan membanggakan masyarakat dan Pemerintan Kabupaten Sumbawa. “Kami yakin, sebagai ketua KBI, di sini akan muncul atlet berprestasi,” tukasnya.

Pada kesempatan yang sama, Ketua DPRD Sumbawa, Abdul Rafiq, SH., menyampaikan selamat atas dilaksanakan Porkab Renang tahun 2021 ini. Menurutnya, dalam dunia olahraga, tidak terlepas dari tiga hal penting. Yakni, pembinaan, fasilitas, dan kompetensi.

“Ketika kita berbicara prestasi, tiga hal itu harus kita penuhi. Kita tidak akan maksimal berprestasi ketika tiga unsur itu tidak bisa kita penuhi. Saya berharap, kepada ibu wabup, apa yang mejadi harapan, kita akan dukung sepenuhnya,” ungkapnya.

Abdul Rafiq berjanji, tahun 2022 mendatang, harus dibangun kolam renang yang refresentatis demi medukung prestasi para atlet. “Ke depan kita harus membuat kolam renang yang tefresentatif, harus ada 2022. Baru kita bisa berbicara prestasi. Karena kalau tidak ada fasilitas apalagi kompetisi, maka susah bebicara perestasi. Siapapun pengurusanya saya yakin tidak akan bisa. Karena pembinaan, fasilitas dan kompetisi itu mutlak harus kita penuhi,” terangnya.

Baca juga:  Disos Sumbawa Jadwalkan Verivali Penerima Kube 2024

“Hari ini sudah ada kompetisi, tugas kita ke depan sebagai pemangku kepentingan akan menyiapkan fasilitas yang refresentatif untuk cabang olahraga renang,” tukasnya.

Sementara itu, Wakil Bupati Sumbawa Dewi Noviany M.Pd., menyampaikan apresiasi terhadap pengurus PRSI Sumbawa yang menyelenggarakan even ini. Ia juga mengapresiasi para peserta yang begitu antusias mengkuti kegiatan ini. “Saya lihat luar biasa antusias peserta. Semoga kita tatap. Kalah menang soal biasa, kita tetap menjaga sportivitas,” ungkapnya.

Namun, disisinya lain, dirinya merasa sedih dengan perestasi tim renang Kabupaten Sumbawa selama ini. Namun, tidak ada kata menyerah untuk merebut kemenangan pada Porporov 2022 mendatang.

“Mudahan, apa yang telah disampaikan oleh ketua KONI dan ketua PDRD bahwa apapun potensi anak-anak kita, ketika arenanya tidak memenuhi maka mustahil mendapatkan prestasi. Namun, niat kita bersama mudahan covid ini segera berlalu, insya Allah program yang sudah disampaikan ketia koni dan DPRD, tahun 2022 bisa terealisasi kolam renang yang kita impikan,” pungkasnya. (KS/aly)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Share post:

iklan DPRD iklan caleg

Populer

More like this
Related

MXGP 2024 di Kabupaten Sumbawa Batal? Begini Kata Wabup

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com - Wakil Bupati Sumbawa Hj. Dewi...

2 Seri MXGP Indonesia 2024 Digelar di Pulau Lombok

Mataram, Kabarsumbawa.com - Even motocross internasional MXGP Indonesia 2024...

Masa Jabatan 155 Kades dan 915 BPD di Kabupaten Sumbawa Diperpanjang jadi 8 Tahun

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com - 155 orang kepala desa dan...

Forum PSDAT Kabupaten Sumbawa Dorong Mitigasi dan Adaptasi Perubahan Iklim

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com - Rapat Forum Pengelolaan Sumber Daya...