Masyarakat Diajak Budayakan Gemar Membaca

Date:

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com – Perpustakaan Nasional Republik Indonesia menggelar sosialisasi pembudayaan kegemaran membaca, Selasa pagi (25/6) di Halaman Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Sumbawa.

Kegiatan dihadiri oleh Kepala Perpustakaan RI diwakili oleh Deputi II Bidang Pengembangan Sumber Daya Perpustakaan, dan diikuti oleh guru, pengelola PAUD dan perpustakaan sekolah, pegiat perpustakaan, taman bacaan masyarakat dan komunitas, pemerhati perpustakaan dan budaya baca, pengelola berbagai jenis perpustakaan, PKK, karang taruna.

Kepala Perpustakaan RI yang disampaikan oleh Deputi II Bidang Pengembangan Sumber Daya Perpustakaan Dra. Woro Titi Hariyati, M.Si menyampaikan pembudayaan kegemaran membaca sebagai bentuk perwujudan eksistensi dan peran perpustakaan sebagai institusi penyedia bahan-bahan bacaan dan peningkatan kegemaran membaca pada masyarakat melalui keluarga, sekolah dan pemerintah sebagai bentuk perwujudan pembangunan manusia Indonesia menuju Indonesia sejahtera.

Untuk itu, Masyarakat diajak untuk menjadikan perpustakaan sebagai tempat beraktivitas agar anak-anak, ibu-ibu, para lansia, dapat melakukan berbagai macam aktivitas di perpustakaan dengan nyaman contohnya dengan menyediakan fasilitas wifi gratis bagi pengunjung, dan melakukan kegiatan memasak bersama, dan berbagai kegiatan menarik lainnya guna menarik perhatian masyarakat untuk berkunjung dan memanfaatkan informasi yang tersedia di perpustakaan, serta dapat mengimplementasikan apa yang sudah dibaca untuk berkreasi dan berinovasi sehingga dapat memberikan kemaslahatan kepada masyarakat.

Bupati Sumbawa dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan oleh Asisten Administrasi Umum Sekda Kab. Sumbawa H. Sudirman, S.Pd menyatakan bahwa salah satu cara untuk menumbuhkan minat baca yaitu dengan memanfaatkan keberadaan perpustakaan semaksimal mungkin.

Perpustakaan daerah memiliki program “Perpuseru” yaitu program yang diselenggarakan dalam rangka membantu mengembangkan perpustakaan umum menjadi pusat belajar masyarakat, termasuk diantaranya melakukan kegiatan pemberdayaan bagi kaum perempuan, remaja, dan wirausaha. Sehingga, masyarakat memiliki kesempatan untuk dapat mengakses pengetahuan sekaligus pembelajaran dan kreativitas melalui perpustakaan.

Dikatakan, karakter dan kepribadian seseorang sangat ditentukan oleh seberapa banyak informasi yang diterima, salah satunya adalah buku sebagai sumber informasi. “Dengan membaca kita akan mendapat banyak panduan dalam arti pengetahuan, keterampilan, juga etika dan estetika, yang tentu akan melengkapi sosok seorang manusia, sosok sebuah masyarakat maupun bangsa,” ucapnya.

Bupati mengajak seluruh lapisan masyarakat Kabupaten Sumbawa untuk memanfaatkan keberadaan perpustakaan semaksimal mungkin sebagai tempat untuk menambah wawasan dan juga pengembangan diri. (KS)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Share post:

iklan DPRD iklan caleg

Populer

More like this
Related

Dua Instruktur BLK Sumbawa Juara KKIN IX Regional Wilayah Barat 3, Satu Tembus Nasional

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com - Prestasi gemilang diraih oleh Dua...

Pelayanan CT Scan RSUD Sumbawa Dialihkan ke RSMA

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com - Pelayanan Computed Tomography Scan atau...

Wabup Beri Penjelasan Kasus Pengadaan Masker yang Seret Namanya

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com - Kasus dugaan korupsi pengadaan masker...

Pemkab Sumbawa Pastikan Pengadaan Lahan Samota Tidak Sia-Sia

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com - Pemerintah Kabupaten Sumbawa telah melakukan...