Dalam Waktu Dekat Disdukcapil Sumbawa Mulai Terbitkan KIA

Date:

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com – Dalam waktu dekat Dinas Kependudukan dan Pencetatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Sumbawa akan mulai melakukan penerbitan Kartu Identitas Anak (KIA).

Saat ini Disdukcapil Kabupaten Sumbawa sudah menyiapkan belangkonya, kemudian menyusul mesin cetak eloktronik untuk mencetak KIA, yang diamana saat ini mesin tersebut sedang dalam perjalanan.

“Kartu Identitas Anak merupakan salah satu langkah-angkah yang dilakukan oleh Disdukcapil. Saat ini kita di Sumbawa sebenarnya sudah menyiapkan blankonya, walaupun masih dalam tahap uji coba. Tapi printernya yang kita sedang mengadakan belum sampai ke sini,” ungkap Kepala Disdukcapil Kabupaten Sumbawa, Ir. H. Zulqifli., Rabu (19/06/2019) di ruang kerjanya.

“Ketika itu sudah jalan nanti mungkin kita sosialisasikan ke masyarakat. Tentu nanti fullnya di 2020 kita lakukan. Sekarang tahapannya kita cobalah. Nanti kita juga mengadakan blanko dalam jumlah banyak tahun 2020. Sekarang ada tersedia blanko. Tinggal mesin cetaknya yang dalam perjalanan. untuk peyaratannya menggunakan kartu keluarga” sambungnya.

Baca juga:  Bupati Tinjau Perbaikan Ruas Jalan Osap Sio

Dijelaskan, manfaat KIA yakni sebagai identitas anak yang sah. Sebab kata dia, selama ini yang mendapatkan identitas hanyak mereka yang berusia 17 tahun keatas, sedangkan anak yang berusian 17 tahun kurang 1 kebawah tidak memiliki kartu identitas yang sah.

“Jadi anak-anak itu ada identitas legalnya. Sehingga kalau terjadi apa-apa cepat diketahui yang bersangkutan. Jadi tidak ada lagi penduduk yang tidak ada identitasnya,” jelasnya.

Lanjutnya, dengan adanya kantu identitas anak tersebut, memudahkan anak dalam mendapatkan pelayanan. Misalnya, ingin membuka rekening, bisa menggunakan KIA, kemudian dengan adanya KIA, memudahkan bernagai pihak untuk memberikannya dukungan.

“Misalnya kalau dia ikut olahraga dia sudah tahu pasti tidak perlu lagi membuat keterangan umur. Jadi tidak usah lagi panitia cari ijazah dan lainnya. Selain itu untuk ikut mengaji, dengan KIA tidak ada persoalan,” terangnya.

Baca juga:  Proyek Penanganan Ruas Jalan SJP Lito Sudah Berkontrak

Kemudian di perusahaan kan ada CSR nya. Itu juga memudahkan bagi pemilik CSR yang ingin memberikan bantuan kepada anak tertentu dengann umur dan kategori . dia pasti bisa melihat di KIA, sehingga lebih cepat prosesnya,” pungkanya.

Untuk diketahui, Kartu Identitas Anak (KIA) berbentuk seperti KTP, kemudian berwana merah dengan perpaduan waran putih. Bagi anak yang berusia 5 tahun kebawah, pada katru KIA tidak ada tercantum foto, untuk anak 5 tahun sampai 17 tahun kurang 1, memiliki foto. Kemudian untuk mengurus kartu kita, orang tua bisa mendatangi kantor Disdukcapil setempat dengan membawa Kartu Keluarga. (KS/aly)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Share post:

iklan DPRD iklan caleg

Populer

More like this
Related

Pemda Beri Penghargaan Pada Pendukung Program Penurunan Stunting di Kabupaten Sumbawa

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com – Pemerintah Kabupaten Sumbawa terus berupaya...

Bupati Sumbawa Serahkan Bantuan Truk Berpendingan untuk Poklahsar

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com – Pemerintah Kabupaten Sumbawa terus berupaya...

Proyek Penanganan Ruas Jalan SJP Lito Sudah Berkontrak

Sumbawa Besar, Besar, Kabarsumbawa.com - Penanganan ruas Simpang Jalan...

Berikut Hasil Pengawasan Periode ke-3 Proses Coklit Data Pemilih Pilkada Sumbawa 2024

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten...