Kades/Lurah Diberi Pemahaman Peraturan Badan Pengawas Pemilu Tahun 2019

Date:

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Sumbawa memberikan Sosialisasi Peraturan Badan Pengawas Pemilu Tahun 2019 kepada Kepala Desa dan Lurah Se-Kabupaten Sumbawa, Selasa (26/02/2019) di uala hotel Tambora, Sumbawa.

Kegiatan tersebut bertuajuan untuk memberikan pemahaman kapada Kepala Desa dan Lurah agar tetap menjaga nertalitas, integritas, serta tidak mendukung salah satu Caleg ataupun Paslon tertentu pada Pemilu tahun 2019.

“Ini sesuai dengan amanat konstitusi pasal 101 sampai 103 kita mengutamakan langkah pencegahan sebaimana tugas kami. Ini supaya sama pemahamannya makanya kita kumpulkan dalam satu forum resmi karena memang kami juga sudah melakukan kegiatan sosialisasi juga ke beberapa Desa.” Ungkap Hamdan Safi’i., Koordinator Devisi Pengawasan, Hubungan Masyarakat dan Hubungan Antar Lebanga Bawaslu Kabupaten Sumbawa, yang ditemui media usai kegiatan tersebut.

Baca juga:  Pelayanan CT Scan RSUD Sumbawa Dialihkan ke RSMA

Dikatakan, pihaknya bukan tidak ingin menindak atau memproses pelanggaran pemilu yang terjadi, namun pihaknya lebih mengedepankan pencegahan sehingga tidak ada pelanggaran pemilu yang tejadi.
“Dengan hajat bagaimana pemahaman bersama antara kepala Desa dan lurah dengan bawaslu. Di Kabupaten Sumbawa bukan kami tidak ingin memproses pelanggaran pemilu, namun kami mengutamakan langkah pecegahan” jelasnya.

Baca juga:  Dua Instruktur BLK Sumbawa Juara KKIN IX Regional Wilayah Barat 3, Satu Tembus Nasional

Dengan adanya kegiatan ini, ia berahap tidak ada Kepala Desa dan Lurah di Kabupaten Sumbawa terjebak ke dalam politik pratis ini. “Alhamdulillah mereka bisa menerima,” demikian Hamdan.

Sementara itu, Lukaman Hakim, Koordinator Devisi Sengketa Bawaslu Sumbawa menambahkan, selain diharapakan Kades dan Lurah untuk tidak terlibat politik pratis, ia juga mengingatkan kepada peserta pemilu yakni Parlor, untuk tidak melibatkan kepala Desa dan Lurah dalam tim kampanye. (KS/aly)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Share post:

iklan DPRD iklan caleg

Populer

More like this
Related

Dua Instruktur BLK Sumbawa Juara KKIN IX Regional Wilayah Barat 3, Satu Tembus Nasional

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com - Prestasi gemilang diraih oleh Dua...

Pelayanan CT Scan RSUD Sumbawa Dialihkan ke RSMA

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com - Pelayanan Computed Tomography Scan atau...

Wabup Beri Penjelasan Kasus Pengadaan Masker yang Seret Namanya

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com - Kasus dugaan korupsi pengadaan masker...

Pemkab Sumbawa Pastikan Pengadaan Lahan Samota Tidak Sia-Sia

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com - Pemerintah Kabupaten Sumbawa telah melakukan...