Kodim 1607 Sumbawa Siapkan 300 Prajurit Amankan Pemilu 2019

Date:

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com – Komando Disntrik Militer (Kodim) 1607 Sumbawa, menyiapkan sebanyak 300 orang prajurit untuk mengamankan Pemilihan Umum (Pemilu) tahun 2019 di Kabupaten Sumbawa.

Komandan Kodim (Dandim) 1607/SBW., Letkol. Inf. Samsul Huda., yang ditemui saat kunjungannya ke Gudang Logistik KPU Sumbawa, Senin (07/01/2019) mengatakan, untuk jumlah pasti berapa pasukan yang akan diturunkan dalam pengamanan pemuli nanti, ia masih menunggu arahan. Namun secara jumlah pasukan yang ia siapkan yakni sebanyak 300 prajurit termasuk dari batlion infantry 742 yang setiap saat bisa digerakan untuk membackup perkembangan dan situasi di lapangan.

Persiapan TNI dalam pelaksanaan pemilu kata dia. Selain tugas dan tanggungjawab Tni dalam operasi militer selain perang, TNI juga akan mensupport sejauh mana kebutuhan dan pelibatan TNI dalam pemilu. Tidak lain juga membantu kepolisian yang secara langsung melaksanakan pengawalan, pengawasan dan membantu setiap proses dalam kegiatan pemilu tersebut.

Baca juga:  Kabupaten Sumbawa dan KSB Sepakat Kolaborasi Cegah dan Kendalikan Penyakit Malaria

“Kami melaksanakan silaturahmi dengan penyelenggra pemilu yakni KPU dan Bawaslu, kami melakukan pengecekan sejauh mana kesiapan dalam penyelenggaraan pemilu tahun 2019. Upaya ini sebagai bentuk peran serta TNI memberikan keyakinan bagi masyarkat bahwa pemilu 2019 akan dilaksanakan dengan aman dan lancar, sehingga mendapatkan sebuah pemerintahan yang legitimit dan pemerintahan yang betul-betul bisa megnawal pembangunan di Indonesia,” jelasnya.

Ketua KPU Kabupaten Sumbawa, Syukri Rahmat., menegaskan, tidak ada yang perlu dikhawatirkan untuk pemilu di sumbawa ini. Sebab kata dia, PPK sudah siap dan sudah dilantik, kemudian PPS dan nanti pada maret petugas KPPS yang jumlah TPSnya 1.423 akan segera kami bentuk. Kemudian untuk menunjang tugas-tugas teknis, meningkatkan pemahaman teknis, semua petugas akan dibimtek.

Kemudain lanjutnya, Kepada Bawaslu, ia berharap agar proses pengawasannya di maksimalkan. Sehingga hajat untuk melahirkan dan mewujudkan pemilu luber, pemilu yang jurdil dan berintegritas dapat tercapai.

Baca juga:  Pembangunan Infrastruktur Pemerintahan Mo-Novi Tahun 2022

“Secara kelembagaan dan teknis-teknis di lapangan InsyaAllah KPU kabupaten sumbawa siap untuk mensukseskan pelaksanaan pemilu 2019,” ujarnya.

Katua Bawaslu Kabupaten Sumbawa, Samsi Hidayat mengatakan, pihaknya bertanggungjawab terhadap kesuskesan pemilu tahun 2019 di Kabupaten Sumbawa. “seperti yang kami harapkan. Kami disini bersama-sama dengan TNI bahwa akan membackup tentang keamanan dari pemilu 2019 ini,” katanya.

Ia menegaskan, langkah dan tahapan yang dilakukan oleh penyelenggara teknis dalam hal ini KPU, pihaknya selalu ada pada posisi pengawasannya, dan selalu mengawasi dalam hal apa yang dilakukan.

“Jadi selama ini sudah berjalan dengan baik, apa yang kami telah lakukan pengawasan. Seperti yang saya katakan bahwa kami pengawasan penegahan dan penindakan. Dalam hal ini kami tetap mengacu apda aturan yang berlaku yaitu aturan perundang-undangan. Dalam hal ini kita menegakkan aturan tersebut,” demikian Samsi. (KS/aly)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Share post:

iklan DPRD iklan caleg

Populer

More like this
Related

Sekda Apresiasi KPK Beri Pendidikan Antikorupsi Pada Masyarakat

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com - Sekretaris Daerah Kabupaten Sumbawa mengikuti...

Wabup Sumbawa Sebut Kader Posyandu Ujung Tombak Pencegahan dan Penanganan Stunting

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com – Kader posyandu menjadi ujung tombak...

Kabupaten Sumbawa dan KSB Sepakat Kolaborasi Cegah dan Kendalikan Penyakit Malaria

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com – Pemerintah Kabupaten Sumbawa dan Kabupaten...

Kabupaten Sumbawa dan KSB Sepakat Kolaborasi Cegah dan Kendalikan Penyakit Malaria

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com – Pemerintah Kabupaten Sumbawa dan Kabupaten...