Tim Gabungan Amankan Kayu Diduga Hasil Illegal Logging

Date:

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com – Operasi Gabungan (Opgab) TNI – Polri dan Tim Balai Kesatuan Pengelolaan Hutan (BKPH) setempat merespon laporan masyarakat mengenai praktik ilegal logging di Olat Sedado, Desa Lenangguar, Kecamatan Lenangguar. Sabtu (23/03/2024)

Dalam respons terhadap laporan tersebut, pasukan gabungan yang dipimpin oleh kepala BKP Resort Lenangguar Bpk Makasau bersama Tim TNI-Polri dan BKPH melakukan patroli dan penyisiran intensif di wilayah yang dilaporkan.

Ketika Operasi Gabungan mendatangi lokasi kejadian, pelaku telah pergi dari tempat kejadian dan tidak ada lagi di sana. Namun, selama pemeriksaan lokasi, Opsgab menemukan sebuah gelondong kayu yang baru saja ditebang dan ditinggalkan di lokasi tersebut.

Gelondong kayu tersebut menjadi bukti bahwa telah terjadi kejahatan ilegal logging di lokasi tersebut, Opsgab kemudian mengamankan dan mengevakuasi bukti ke Balai KPH Orong Telu untuk penyelidikan lebih lanjut.

Baca juga:  Dua Terduga Pelaku Pencurian Uang Rp 500 Juta Diringkus Polisi di Alas

Kepala BKP Resort Lenangguar Bpk Makasau, menegaskan komitmennya untuk melindungi sumber daya alam serta memastikan keamanan dan kesejahteraan masyarakat. “Kami tidak akan mentolerir aktivitas ilegal yang merusak lingkungan dan merugikan masyarakat. Kegiatan ini merupakan bagian dari upaya kami untuk memastikan keberlanjutan dan keadilan dalam pemanfaatan sumber daya alam,” ujarnya

Tim gabungan juga melakukan pendekatan kepada masyarakat setempat untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya pelestarian lingkungan dan sumber daya alam. Langkah-langkah preventif juga diterapkan untuk mencegah kemungkinan adanya praktik ilegal serupa di masa mendatang.

Baca juga:  Polres Sumbawa Gelar Pasukan Operasi Patuh Rinjani 2024

Dikonfirmasi Via telepon, Danramil 1607-03/Ropang kapten Inf Ichsan Mashuri mengapresiasi respon cepat yang dilakukan oleh Tim gabungan BKPH dan TNI-Polri.

Danramil menyampaikan tindakan illegal logging dapat berdampak buruk pada keberlanjutan hutan dan lingkungan, serta pentingnya menjaga kelestarian hutan dan lingkungan sebagai sumber kehidupan masyarakat sekitar yang memanfaatkan hutan secara berkelanjutan.

Danramil Berkomitmen akan melakukan tindakan tegas dan seimbang dalam upaya memberantas praktik illegal logging. Hal ini penting dilakukan guna mencegah kerusakan hutan dan lingkungan serta mengurangi tindakan kriminal di lingkungan sekitar. Ia siap melakukan koordinasi dengan semua pihak terkait guna memberantas ilegal logging dan menjaga keberlanjutan hutan dan lingkungan di kabupaten Sumbawa khususnya kecamatan Lenangguar. (KS)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Share post:

iklan DPRD iklan caleg

Populer

More like this
Related

Dua Terduga Pelaku Pencurian Uang Rp 500 Juta Diringkus Polisi di Alas

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com - Dua orang pria berinisial A...

Polres Sumbawa Gelar Pasukan Operasi Patuh Rinjani 2024

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com - Polres Sumbawa Polda NTB menggelar...

Periode Januari – Juni 2024, Dirjen Imigrasi Catat Lonjakan Kedatangan WNA ke Indonesia

Jakarta, Kabarsumbawa.com - Direktorat Jenderal Imigrasi mencatat lonjakan kedatangan...

KPK Perkuat Edukasi Antikorupsi di Kabupaten Sumbawa

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menguatkan...