Tingkatkan Kapasitas, 32 Orang Petugas Keswan Akan Dikirim ke BBIB Singosari

Date:

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com – Pemerintah Kabupaten Sumbawa melalui Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (Disnakeswan) akan mengirim puluhan petugas kesehetan hewan ke Balai Besar Inseminasi Buatan (BBIB) Singosari Malang.

Kepala Disnakeswan Sumbawa, H. Junaidi, S.Pt., mengatakan, sebanyak 32 orang petugas keswan yang tediri dari medik veteriner dan para medik veteriner, akan mendalami tentang inseminasi buatan, khususnya terkait penanganan gangguan reproduksi.

“Jadi mungkin, penangnan ganguan reproduksi. Di mana, inseminasi buatan sedang galak dilakukan di Kabupaten Sumbawa,” ujarnya kepada wartawan, Senin (04/03/2024) di Hotel Grand Sumbawa.

Dikatakan, keberangkatan para petugas keswan ini merupakan bagian dari peningkatan kapasitas petugas di lapangan. Di mana, ganguan reproduksi masih kerap ditemukan pada ternak terutama sapi dalam program inseminasi buatan.

“Misalnya susah melahirkan, karena anaknya terlalu besar. Jadi kalau petugas kita sudah siap, bisa kita menghindari ada hewan ternak yang disembelih karena susah melahirkan,” jelasnya.

Lanjutnya, kegiatan menggunakan pembiayaan dari Dana Alokasi Khusus (DAK) Non Fisik Tahun 2024. Mereka akan berangkat sekitar akhir bulan April atau awal bulan Mei mendatang.

“Dalam hal peningkatan kapasitas dokter hewan kami mendapatkan DAK dari non fisik. Nanti akan kami kirimkan ke Balai Inseminasi Buatan Songosari Malang, sebanyak 32 orang medik veteriner dan para medik veteriner. Nanti jadwalnya sekitar akhir bulan april atau awal bulan mei,” pungkasnya. (KS)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Share post:

iklan DPRD iklan caleg

Populer

More like this
Related

Pelayanan Truk Sampah Libur Saat Lebaran, Dinas LH Siapkan Kontainer di Sejumlah Titik

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com - Pelayanan sampah rutin menggunakan dump...

Dikes Sumbawa Atensi Peningkatakan Kasus DBD

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com - Kasus Demam Berdarah Dengue (DBD)...

Pemda Sumbawa dan Plan International Indonesia Gelar Musrembang Tematik Penanganan Perubahan Iklim

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com - Musyawarah Rencana Pembangunan Jangka Panjang...

Diskominfotiksan Sumbawa Bakal Gelar Pelatihan GTA Bagi ASN

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com - Setelah sukses menggelar pelatihan secara...