Mahasiswa Promer UTS Desa Labuhan Sumbawa Membantu Proses Administrasi Desa

Date:

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com – Mahasiswa Program Merdeka (Promer) Bacth 7 Universitas Teknologi Sumbawa (UTS) Desa Labuhan Sumbawa membantu administrasi Desa Labuhan Sumbawa, kecamatan Labuhan Badas, kabupaten Sumbawa pada, Selasa (05/12/2023), guna melihat proses pelayanan administrasi di Desa Labuhan Sumbawa .

Administrasi desa adalah keseluruhan proses pencatatan data dan informasi mengenai pemerintahan Desa yang terdapat pada buku register desa. Pemerintah desa seharusnya sudah membuat administrasi desa yang baik dalam mewujudkan tertib administrasi desa yang mampu berfungsi sebagai sumber data dan informasi dalam penyelenggaraan pemerintahan desa, pelaksanaan pembangunan desa, pembinaan dan pemberdayaan masyarakat.

Administrasi desa yang baik adalah administrasi desa yang tersusun rapi dan mudah dimengerti olah seluruh kalangan didesa yang membutuhkan informasi. Desa yang sudah behasil meningkatkan SDM dari aparatur desa yang dapat diukur dengan melihat kelengkapan dari administrasi desa dan bukan dari banyaknya anggaran desa yang dikeluarkan untuk melaksanakan pelatihan dan peningkatan kapasitas dan kualitas dari perangkat desa.

Terdapat lima jenis administrasi desa, antara lain, Administrasi Umum, Administrasi Penduduk, Administrasi Keuangan, Administrasi Pembangunan; dan Administrasi Lainnya

Berdasarkan informasi yang dikumpulkan, pihak desa sangat setuju jika akan dilakukannya rapi administrasi didesa Labuhan Sumbawa.Kepala Desa Labuhan Sumbawa, Kamiruddin menyampaikan bahwa, dengan kehadiran mahasiswa Program Merdeka UTS ini diharapkan dapat berkolaborasi dengan seluruh elemen masyarakat di desa Labuhan Sumbawa.

“Dan kami juga selaku Pemerintah Desa akan mendukung penuh program-program yang adik-adik mahasiswa laksanakan di desa Labuhan Sumbawa,” ucapnya. (KS)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Share post:

iklan DPRD iklan caleg

Populer

More like this
Related

FKH UNDIKMA Latih Petugas Kesehatan Hewan Pulau Sumbawa Cara Pengendalian dan Penanggulangan Wabah Penyakit

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com – Fakultas Kedokteran Hewan (FHK) Universitas...

EDUTECHNOPRENEURSHIP : Profil Lulusan Program Studi Sarjana (S1) Teknologi Pendidikan

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa - Edutechnopreneurship, merupakan rumusan profil lulusan...

MAHASISWA FKES UNSA LAKUKAN PENYULUHAN TINGKATKAN KESEHATAN REMAJA

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com - Kesehatan reproduksi diartikan sebagai suatu...

FKES UNSA Peduli Stunting (Penting) Gelar Penyuluhan

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com - Sebagai bentuk kepedulian civitas akademika...