KP3 Sumbawa Temukan Indikasi Penimbunan Pupuk Bersubsidi

Date:

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com – Komisi Pengawasan Pupuk dan Pestisida (KP3) Kabupaten Sumbawa menemukan indikasi penimbunan pupuk bersubsidi.

Indikasi ini diketahui setelah tim yang dimpimpin oleh Kepala Bidang Perdagangan Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah Perindustrian dan Perdagangan Iwan Setiawan, S.P., M.Si., melakukan Inspeksi Mendadak (Sidak) di Kecamatan Unter Iwes, Selasa (08/08/2023) pagi tadi.

Turut dalam sidak tersebut, perwakilan dari TNI, Kepolisian, Dinas Pertanian, Pengawas Perdagangan, dan Penyuluh Pertanian.

“Hari ini KP3 melakukan sidak atas indikasi penimbunan yang dilakukan oleh seorang petani di Kecamatan Unter Iwes,” kata Iwan Setiawan yang juga Sekretaris KP3 Sumbawa.

Baca juga:  Promosikan MXGP 2024, Baim Wong Akan Datang ke Sumbawa

Sebelum turun lapangan kata Iwase sapaan akrab pejabat ramah ini, pihaknya telah berkoordinasi dengan Dandim 1607 Sumbawa.

Berdasarkan hasil sidak jelasnya, dikatahui bahwa beberapa hari yang lalu telah diturunkan pupuk subsidi jenis urea sebanyak 6 ton di lokasi. Pupuk dibeli dari seorang penjual yang diantar langsung ke lokasi. Pupuk distok untuk kebutuhan sendiri penanaman jagung di Dusun Sampa seluas 6 Ha, dan sudah diangkut ke lahan. Di lokasi masih ditemukan sekitar 10 sak.

“Karena jatah pupuk bersubsidi terbatas hanya 4 atau 5 sak per hektar lahan, dan hanya untuk 2 hektar per petani,” ungkap kepada wartawan dalam keterangan tertulisnya.

Baca juga:  FKH UNDIKMA Latih Petugas Kesehatan Hewan Pulau Sumbawa Cara Pengendalian dan Penanggulangan Wabah Penyakit

Atas temuan tersebut, pihaknya bersama TNI dan Kepolisian akan memastikan sampai titik penggunaan seperti apa yang disampaikan oleh petani untuk menentukan langkah-langkah yang diambil lebih lanjut oleh tim.

“Kami masih mendalami asal usul pupuk tersebut. Petani tersebut membeli dari seseorang yang katanya pupuknya dari luar daerah, bahkan disebutkan juga dari salah satu desa di kecamatan tertentu. Ini kami dalami dulu,” pungkasnya. (KS)

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Share post:

Populer

More like this
Related

Tingkatkan Kapasitas, 32 Orang Petugas Keswan Akan Dikirim ke BBIB Singosari

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com - Pemerintah Kabupaten Sumbawa melalui Dinas...

FKH UNDIKMA Latih Petugas Kesehatan Hewan Pulau Sumbawa Cara Pengendalian dan Penanggulangan Wabah Penyakit

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com – Fakultas Kedokteran Hewan (FHK) Universitas...

Tahun Ini, Pemda Sumbawa Tangani Jalan Osapsio

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com - Kondisi jalan Osapsio, Kecamatan Sumbawa,...

Promosikan MXGP 2024, Baim Wong Akan Datang ke Sumbawa

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com - Persiapan pelaksanaan MXGP Sumbawa -...