Pemda Sumbawa Mengaku Kesulitan Tangani Gepeng

Date:

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com – Gembel Pengemis masih terlihat di sebagain wilayah di Kabupaten Sumbawa, terutama di daerah perkotaan. Pemerintah setempat mengaku kesulitan menangi hal tersebut.

Kepala Dinas Sosial (Disos) Kabupaten Sumbawa Abubakar, S.Sos., kepada wartawan, Selasa (14/03/2023) kemarin, mengakui hal itu. Menurutnya, pihaknya cukup kesulitan menangani persoalan ini. Selain kekurangan anggaran dan keterbatasan Sumber Daya Manusia (SDM), juga membandelnya para gepeng.

Pihaknya telah berupaya semaksimal mungkin menangani persoalan gepang yang masih berkeliaran di Kabupaten Sumbawa. Bahkan, pihaknya telah melakukan upaya pemulangan ke daerah asal. Namun, tidak lama kemudian, gepeng tersebut kembali lagi dan terlihat beraktivitas di lokasi berbeda.

Baca juga:  Sambut Sail Indonesia 2024, Pemkab Sumbawa Bertemu Menkomarves dan KSAL

“Jelas, pemda merasa kesulitan. Kemarin, sempat kita pulangkan. Misalnya, ada yang dari Dompu, sudah kami pulangkan menggunakan bis, tapi kembali lagi kemarin kami ketemu di Lawang Gali,” ungkapnya.

“Alasanya ternyata Sumbawa ini rasa peduli warganya sangat tinggi. Di daerahnya kadang dari pagi sampai sore belum tentu dia dapat, saking susahnya. Karena mungkin kesadaran masyarakatnya terhadap gepeng itu juga sudah tinggi, tapi disini rata-rata orang peduli, jadi mereka senang untuk kembali ke Sumbawa,” sambungnya.

Baca juga:  Kabupaten Sumbawa Canangkan PIN Polio 2024

Menurutnya, keberadaan gepeng ini merupakan persoalan yang serius. Terlebih lagi menjelang bulan ramadhan ini. Sehingga, pihaknya terus melakukan berbagai upaya penanganan bersama dengan pihak terkait.

“Tetap ditangani, semaksimal mungkin karena ini butuh penanganan yang serius. Kita tidak boleh dengan alasan keterbatasan anggaran lalu kita membiarkan mereka, tidak boleh seperti itu,” pungkasnya. (KS/Ala)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Share post:

iklan DPRD iklan caleg

Populer

More like this
Related

Bupati Sumbawa Sampaikan Penjelaskan Perubahan KUA-PPAS Tahun Anggaran 2024

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com - Bupati Sumbawa - Drs.H.Mahmud menghadiri...

Pemkab Sumbawa Adakan Kapal untuk 8 KUB

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com – Pemerintah Kabupaten Sumbawa melalui Dinas...

Sambut Sail Indonesia 2024, Pemkab Sumbawa Bertemu Menkomarves dan KSAL

Jakarta, Kabarsumbawa.com -Dalam rangka mensukseskan sail to Indonesia 13-18...

Satpol PP Sumbawa Gelar Operasi Gabungan

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com – Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol...