GNRM UNSA: SIAPKAN GENERASI MANDIRI DAN PRODUKTIF LEWAT PELATIHAN WIRAUSAHA DAN BAZAR PADA MABA

Date:

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com – Meningkat atau menurunnya ekonomi daerah dipengaruhi oleh berbagai faktor, salah satunya yaitu faktor UMKM. Tingginya konstribusi UMKM tentunya tidak lepas dari keuntungan demografi. Saat ini penduduk bangsa Indonesia lebih didominasi oleh usia produktif dibandingkan usia non produktif, sehingga SDM usia produktif berkualitas, memliki pengaruh yang besar terhadap perkembangan ekonomi bangsa, termasuk diantaranya konstribusi UMKM. Melihat pengaruh konstribusi UMKM terhadap perkembangan ekonomi, Universitas Samawa melalui Program Gerakan Nasional Revolusi Mental (GNRM) bekerja sama dengan Forum Rektor Indonesia (FRI) dan Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) dalam Program Gerakan Nasional Revolusi Mental (GNRM) Bersama Masyarakat menyelenggarakan kegiatan Bazar bagi mahasiswa baru di Jl. Samota, Sumbawa Besar.

Universitas Samawa (UNSA) mengambil peran dalam penguatan GNRM Mahasiswa Baru UNSA dalam dua agenda yaitu pelatihan kewirausahaan yang diselenggarakan dari tanggal 2-6 September 2022, dan Aksi Bazar diselenggarakan pada tanggal 18 September 2022, yang diikuti oleh 400 mahasiswa baru. Selama pelatihan kewirausahaan yang di laksanakan di Auditorium Universitas Samawa, mahasiswa baru Unsa mendapatkan pengalaman belajar terkait pengolahan pangan lokal hasil pertanian, peternakan, perikanan, dan strategi pemasaran produk. Mahasiswa dibekali ilmu pengolahan pangan oleh dosen Wening Kusumawardani, SP., MP. dari Fakultas Pertanian dan Nining Andriani, M.Pd. dari FKIP. Kedua dosen tersebut memberi pemahaman kepada mahasiswa, bagaimana melihat peluang sumberdaya bahan lokal untuk di tingkatkan menjadi makanan atau minuman siap saji yang dapat di komersilkan. Tujuan utama kegiatan adalah membekali mahasiswa untuk kreatif dan inovatif memanfaatkan peluang sehingga dapat meningkatkan pendapatan, dan mahasiswa sangat antusias dalam ikut berkegiatan mempraktekkan pengolahan makanan dan minuman. Selain pelatihan, mahasiswa di bekali oleh pengetahuan terkait marketing yang diberi langsung oleh Usman, SE., M.Si., yang merupakan dosen dari Fakultas Ekonomi dan Manajemen (FEM) Unsa.

Usman, M.Si., selaku koordinator kegiatan pelatihan kewirausahaan dan bazar menjelaskan bahwa kegiatan tersebut sangat berguna untuk mengajak mahasiswa secara teori dan praktek dilapangan. Kegiatan bazar yang diselenggarakan tidak hanya fokus pada kegiatan pemasaran, namun para mahasiswa baru sebelumnya telah dibekali pengetahuan tentang teknik pengolahan potensi lokal melalui kegiatan pelatihan. Adapun pelatihan yang dimaksud yaitu pelatihan pengolahan hasil pertanian, peternakan, perikanan, dan dasar-dasar digital marketing.

Syarif Fitrianto, M.Pd. selaku koordinator lapangan menambahkan “Dengan adanya kegiatan tersebut, membuka pikiran mahasiswa untuk berkegiatan positif, banyak belajar di lokasi untuk melatih kepekaan peluang-peluang usaha yang dapat berdampak positif bagi dirinya dan lingkungan sekitarnya menjadi enterpreneur muda”.

Dr. Ieke Wulan Ayu, STP., M.Si., selaku Ketua LPPM UNSA sekaligus penanggung jawa keseluruhan kegiatan GNRM UNSA 2022 menjelaskan bahwa kegiatan Bazar bagi mahasiswa baru bertujuan untuk menumbuhkan semangat dan jiwa wirausaha yang berbasis pada pemanfaatan potensi lokal hasil pertanian, peternakan, dan perikanan, dan berterima kasih kepada.

Salah satu mitra kegiatan bazar, yaitu UMKM Bhayangkari Ranting Sumbawa mengungkapkan “Senang dengan kegiatan bersama, dan berterima kasih sudah diajak bekerjasama, mahasiswa juga belajar bagaimana menata kue dan minuman agar orang-orang menjadi tertarik membeli”, ucap salah satu pengurus UMKM. Selain itu, mitra Zoya mengungkapkan hal yang senada, “semoga kegiatan ini dapat terus berlanjut bersama UNSA, terima kasih atas kerjasamanya”.

Prof. Dr. Syaifuddin Iskandar, mengaku sangat senang dengan kegiatan yang memberikan edukasi bagi generasi muda usia produktif tentang pentingnya berwirausaha dalam menghadapi tantangan kehidupan di masa mendatang. Semoga dengan adanya kegiatan ini, dapat memicu muncul UMKM baru di tanah Sumbawa sekaligus membuka lapangan pekerjaan bagi putera daerah. “Saya memberi apresiasi atas seluruh rangkaia kegiatan, yang dilaksanakan dari teori sampai dengan praktek, dan saya berharap akan muncul wirausaha muda Unsa, yang inovatif, dan berharap hal ini terus di dukung oleh FRI dan Kemenko PMK RI”. (KS)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Share post:

iklan DPRD iklan caleg

Populer

More like this
Related

Wakili NTB, Siswi MAN 1 Sumbawa Barat Akan Ikuti Seleksi Paskibraka Tingkat Nasional

Sumbawa Barat, Kabarsumbawa.com - Amna Kayla, siswi Madrasah Aliyah...

Stikes Griya Husada Sumbawa Uji Publik Calon Pansel Satgas PPKS

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com - STIKES Griya Husada Sumbawa laksanakan...

FKH UNDIKMA Latih Petugas Kesehatan Hewan Pulau Sumbawa Cara Pengendalian dan Penanggulangan Wabah Penyakit

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com – Fakultas Kedokteran Hewan (FHK) Universitas...

EDUTECHNOPRENEURSHIP : Profil Lulusan Program Studi Sarjana (S1) Teknologi Pendidikan

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa - Edutechnopreneurship, merupakan rumusan profil lulusan...