Dinas LH Sumbawa Fokus Tangani Sampah dari Hulu

Date:

Sumbawa Besa, Kabarsumbawa.com – Sampah masih menjadi persoalan besar bagi Pemerintah Daerah (Pemda) Sumbawa. Pada tahun 2022 ini, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) setempat akan fokus menangani sampah mulai dari hulunya.

 

“Yang tidak kalah penting untuk tahun 2022 ini, kita bertekat bahwa 2022 ini kita titik tekannya fokusnya adalah di hulu. Bukan dalam artian mengabaikan hilir,” kata Kepala Dinas LH Sumbawa, Syafruddin Nur, kepada wartawan, Senin (03/01/2022) di ruang kerjanya.

 

Menurutnya, penanganan sampah akan percuma jika hanya fokus di hilir saja, namun hulu tidak ditangani dengan baik. Sehingga, tahun ini pihaknya akan mencoba menangani sampah dari hulu menggunakan pendekatan mandiri berbasis desa.

Baca juga:  Dua Instruktur BLK Sumbawa Juara KKIN IX Regional Wilayah Barat 3, Satu Tembus Nasional

 

Dimana, sampah dari rumah tangga nantinya diolah terlebih dahulu yakni memilah dan memisahkan sampah berdasarkan kategorinya.

“Kalau dengan cara ini nantinya hulu sudah kita garap. Jadi sampah yang tidak bisa terjual atau tidak punya nilai ekonomi, tidak bisa kelolah di tingkat rumah tangga, bank sampah, TPS3R, baru masuk ke TPA. Jadi dengan pendekatan ini Insya Allah sampah ke TPA tinggal sedikit,” jelasnya.

Baca juga:  Pelayanan CT Scan RSUD Sumbawa Dialihkan ke RSMA

 

Pendekatan ini lanjutnya, akan melibatkan semua pihak di tingkat desa. Mulai dari RT hingga Pemerintah Desa, termasuk kemunitas atau kelompok yang bergerak dibidang persampahan. “Makanya kami akan ke desa desa, nanti Kecamatan kumpul kepala desa,” ungkapnya.

 

Ia berharap, jika ini bisa berjalan sesuai harapan, maka persoalan sampah di Kabupaten Sumbawa dapat tertangani dengan baik, termasuk menghemat anggaran penanganan sampah. (KS/aly)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Share post:

iklan DPRD iklan caleg

Populer

More like this
Related

Dua Instruktur BLK Sumbawa Juara KKIN IX Regional Wilayah Barat 3, Satu Tembus Nasional

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com - Prestasi gemilang diraih oleh Dua...

Pelayanan CT Scan RSUD Sumbawa Dialihkan ke RSMA

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com - Pelayanan Computed Tomography Scan atau...

Wabup Beri Penjelasan Kasus Pengadaan Masker yang Seret Namanya

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com - Kasus dugaan korupsi pengadaan masker...

Pemkab Sumbawa Pastikan Pengadaan Lahan Samota Tidak Sia-Sia

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com - Pemerintah Kabupaten Sumbawa telah melakukan...