Begini Mekanisme Penyerapan Gabah/Beras Bulog, Berikut Daftar Mitranya

Date:

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com – Perum Bulog, merupakan perusahaan umum milik negara yang bergerak di bidang logistik pangan.

 

Sebagai perusahaan yang mengemban tugas publik dari pemerintah. Bulog ditugaskan untuk menjaga harga dasar pembelian untuk gabah, stabilisasi harga khususnya harga pokok, menyalurkan beras untuk bantuan sosial (Bansos) dan pengelolaan stok pangan.

 

Dalam menjalankan tugas PSO (Public Service Obligation) tersebut, Bulog sepenuhnya terikat atau mengacu pada aturan dari pemerintah. Seluruh mekanisme penyerapan, mulai dari syarat kualitas hingga ketentuan dan ketetapan harga, seluruhnya telah diatur pemerintah melalui Peraturan Menteri Perdagangan (Permendag) Nomor 24 Tahun 2020.

 

HPP Gabah atau Beras sebagaimana dimaksud dalam Pasal 2 ditetapkan dengan ketentuan,harga pembelian gabah kering panen dalam negeri dengan kualitas kadar air paling tinggi 25% (dua puluh lima persen) dan kadar hampa/kotoran paling tinggi 10% (sepuluh persen) sebesar Rp 4.200,00 (empat ribu dua ratus rupiah) per kilogram di petani atau Rp4.250,00 (empat ribu dua ratus lima puluh rupiah) per kilogram di penggilingan.

 

Sementara untuk gabah kering giling dengan kualitas kadar air air paling tinggi 14% dan kadar hampa/kotoran paling tinggi 3%, akan dibeli dengan harga Rp 5.250,00 per kilogram di penggilingan atau Rp 5.300,00 per kilogram di gudang Perum Bulog.

 

Kemudian untuk beras dengan kualitas kadar air paling tinggi 14%, butir patah paling tinggi 20%, kadar menir paling tinggi 2%, dan derajat sosoh paling sedikit 95%, sebesar Rp 8.300,00 per kilogram di gudang Perum Bulog.

 

“Itu acuan kita melakukan penyerapan gabah maupun beras,” Kata Pinca Bulog Sumbawa, Kurnia Rahmawati.

 

Nia menambahkan, saat ini, bulog dalam melakukan pembelian gabah petani masih mengandalkan mitra kerja pengadaan, mengingat keterbatasan sarana dan prasarana pengeringan dan pengolahan. Selain itu, pembelian melalui satker pengadaan juga tetap dilakukan sebagai upaya bulog dalam menjaga stabilisasi harga di tingkat produsen.

Berikut Daftar Mitra Pengadaan Bulog Sumbawa Tahun 2021 :

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Share post:

iklan DPRD iklan caleg

Populer

More like this
Related

Masyarakat Sumbawa Kini Bisa Umroh Dulu, Bayar Belakangan

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com - Kabar baik bagi masyarakat Kabupaten...

Bulog Sudah Serap Jagung di Sumbawa Sejak 1 Mei 2024, Berikut Daftar Mitranya

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com - Perum Bulog Kancab Sumbawa telah...

Pertamina Siapkan 11.900 KL Avtur Khusus Penerbangan Haji 2024

Surabaya, Kabarsumbawa.com - Pertamina Patra Niaga Jatimbalinus menyiapkan total...

Stabilkan Harga Jagung, Bulog Bima Terapkan Dua Skema Pembelian

Bima, Kabarsumbawa.com – Perum Badan Urusan Logistik (Bulog) Cabang...