25 Unit Rumah Khusus Nelayan Dibangun di Ai Bari

Date:

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com – Sebanyak 25 unir Rumah Khusus (Rusus) nelayana tengah dibangun di Desa Ai Bari, Kecamatan Moyo Utara. Pembangunan Rusus tersebut merupakan upaya pemerintah daerah guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui program pembangunan rumah khusus (Rusus) Nelayan.

“Tahun ini Pemerintah melalui Dinas PRKP tengah membangun Rusu Desa Ai Bari sebanyak 25 unit. Sebelumnya kita dapat di Kaung dan Lambu Jambu. Ini rumah khusus bagi nelayan. Di Kaung sekitar 50 an unit. Sementara di Labuhan Jambu, Tarano sekitar 100 unit, dan alhamdulillah sudah dinikmati,” Kata Kepala Dinas PRKP Kabupaten Sumbaw Burhanuddin, MT., Rabu (16/10/2019) di Sumbawa.

Menurutnya, pembangunan Rusus ini, merupakan upaya untuk mendapatkan rumah layak bagi masyarakat nelayan. Rumah layak ini untuk dimaklumi adalah standar pelayanan minimal (SPM) dan itu juga menjadi kewenangan Kabupaten Sumbawa sesuai dengan UU Nomor 23 Tahun 2014, Serta menunjang program 100 0 100.

“Rumah itu pebangunannya tengah berproses. Kita upayakan tahun ini tuntas,” ujarnya.

Terhadap calon penghuni, pihaknya sudah berkoordinasi dengan Kades setempat untuk perekrutannya segera dilakukan. Sehingga begitu selesai terbangun, calon penghuni sudah ada dan langsung ditempati.

“Datanya diverifikasi oleh Kades, setelah diverifikasi datanya kemudian disodorkan ke Dinas PRKP, sehingga nanti kita bentuk Tim terdiri dari PRKP, bagian hukum Pemda, Capil, untuk memverifikasi ulang nama-nama calon penghuni yang sudah diusulkan oleh Desa,” ujarnya.

“Karena kemungkinan ada yang terselip yang tidak memenuhi persyaratan. Nanti akan diseleksi sehingga tepat sasaran. Sebab hal ini sudah kita lakukan di dua tempat di Labuh Jambu dan Kaung,” pungkasnya. (KS/aly)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Share post:

iklan DPRD iklan caleg

Populer

More like this
Related

Dua Instruktur BLK Sumbawa Juara KKIN IX Regional Wilayah Barat 3, Satu Tembus Nasional

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com - Prestasi gemilang diraih oleh Dua...

Pelayanan CT Scan RSUD Sumbawa Dialihkan ke RSMA

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com - Pelayanan Computed Tomography Scan atau...

Wabup Beri Penjelasan Kasus Pengadaan Masker yang Seret Namanya

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com - Kasus dugaan korupsi pengadaan masker...

Pemkab Sumbawa Pastikan Pengadaan Lahan Samota Tidak Sia-Sia

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com - Pemerintah Kabupaten Sumbawa telah melakukan...