Soal Harga Cabai, Bulog Sumbawa Lakukan Penetrasi Pasar

Date:

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com – Fluktuatifnya harga cabai di pasaran, bahkan belakangan harga cabai mencapai 80 hingga 85 ribu per kilo gramnya. Hal tersebut menjadi perhatian semua pihak termasuk Perum Bulog Subdivre Sumbawa selaku anggota Tim Pengendali Implasi Daerah (TPID) Kabupaten Sumbawa.

Bulog Sumbawa berupaya melakukan stabilisasi harga cabai di Sumbawa yakni dengan melakukan penetrasi pasar. Dimana Bulug membeli cabai dari petani kemudian menjualnya langsung ke konsumen, tanpa melalui pedagang perantara.

“Karena kebutulan kita dipercaya, karena kita sudah menangani kebutuhan bahan pokok seperti beras tepung gula, jadi TPID meminta kami terlibat dalam stabilisasi harga cabai ini,” kata Kepala Perum Bulog Subdivre Sumbawa Heri Sulistiyo, Rabu (14/08/2019) di ruang kerjanya.

Baca juga:  Mudik Lebaran 2024 Jatimbalinus, Konsumsi Pertamax Series Naik 26,3%

“Pada prinsipnya kita berusaha bagaimana menstabilkan harga, kita coba memotong rantai distribusi Cabai lewat pedagang perantara di pasar, kita coba maksimalkan dari petani langsung ke konsumen,” sambungnya.

Dikatakan, pihaknya telah melakukan survei harga cabai di sentra cabai yang ada di Kabupaten Sumbawa. Dimana, pihaknya membeli cabai ditingkat petani dengan harga 55 ribu per kilo gram, kemudian dijual ke konsumen dengan harga 60 ribu per kilo gram. Bulog juga menjual cabai kemasan dengan harga 15 ribu.

Baca juga:  Masa Idul Fitri, Pertamina Patra Niaga Siapkan 250 Ribu Tabung LPG di NTB

“Untuk hari ini belum ada stok, tapi kita setiap hari di pasar Kerato. Kebetulan juga beberapa sentra cabai di Sumbawa belum panen, waktu itu saya lihat di Labuhan Badas baru persiapan tanam,” pungkanya. (KS/aly)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Share post:

iklan DPRD iklan caleg

Populer

More like this
Related

Mudik Lebaran 2024 Jatimbalinus, Konsumsi Pertamax Series Naik 26,3%

Kabarsumbawa.com - Selama periode arus mudik tanggal 25 Maret...

Masa Idul Fitri, Pertamina Patra Niaga Siapkan 250 Ribu Tabung LPG di NTB

Mataram, Kabarsumbawa.com - Guna menambah rasa aman dan nyaman...

Pertamina Patra Niaga Bersama BPH Migas dan ESDM Pastikan Kesiapan Energi Jelang Idulfitri di NTB

Mataram, Kabarsumbawa.com – Dalam rangka memantau kesiapan dan kehandalan...

Pertamina Patra Niaga Pastikan Penyaluran Energi Tetap Aman Pasca Gempa di Dompu

Dompu, Kabarsumbawa.com – Pasca Gempa Bumi bermagnitude 5,2 SR...